Dampak Perkembangan Produk Cryptocurrency Bitcoin terhadap Stabilitas Keuangan di Indonesia Periode 2014-2020

Putri, Arlika Anindya (2020) Dampak Perkembangan Produk Cryptocurrency Bitcoin terhadap Stabilitas Keuangan di Indonesia Periode 2014-2020. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_2169_Abstrak.pdf] PDF
SP_2169_Abstrak.pdf

Download (163kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak perkembangan produk Cryptocurrency Bitcoin, Saham, Reksa Dana dan Komoditi terhadap stabilitas keuangan di Indonesia pada periode bulan Januari 2014 – Juli 2020. Pasar modal memiliki peran yang sangat penting bagi perekonomian Indonesia. perkembangan produk investasi yang terus dilakukan dikhawatirkan akan mengganggu stabilitas keuangan di Indonesia. Indikator stabilitas keuangan di Indonesia yang digunakan dalam penelitian ini adalah Indeks Harga Saham Gabungan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eviews 11 melalui metode Error Correction Model (ECM) dengan menggunakan data sekunder mengenai nilai harga Bitcoin, harga Saham, pendapatan Reksa Dana, pendapatan Komoditi dan perkembangan Indeks Harga Saham Gabungan. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa saham berpengaruh signifikan terhadap stabilitas keuangan di Indonesia, sedangkan untuk Bitcoin, Reksa Dana, dan Komoditi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Stabilitas Keuangan di Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Cryptocurrency, Bitcoin, Saham, Reksa Dana, Komoditi, Indeks Harga Saham Gabungan, Error Correction Model (ECM).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 09 Apr 2021 06:46
Last Modified: 09 Apr 2021 06:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39219

Actions (login required)

View Item View Item