Hariono, Yudi (1999) Sistem Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk di PT. Fajar Plastik. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Seiring dengan laju pertumbuhan pembangunan yang begitu pesat, banyak industri besar maupun kecil yang tumbuh dan berkembang. Salah satunya adalah industri plastik. Banyaknya industri yang sejenis ini mengakibatkan ketatnya persaingan dalam usaha untuk merebut konsumen. Dalam rangka menghadapi persaingan yang ketat ini maka para pengelola industri plastik semakin dituntut untuk meningkatkan kualitas produk:nya demi kepuasan konsumen. PT Fajar Plastik adalah perusahaan yang bergerak dalam industri plastik yang memproduksi produk-produk seperti kotak tissue, Cosmetik container, fitting lampu dll. Selama ini PT Fajar Plastik telah menerapkan prosedur pengendalian kualitas, namun belum ditunjang dengan pemanfaat informasi dan analisa-analisa proses yang tepat. Sehingga data-data yang ada tidak dapat dijadikan semacam feedback bagi usaha perbaikan kualitas. Berdasarkan masalah di atas maka pengolahan dan analisa data yang terstruktur akan sangat mendukung usaha dalam peningkatan kualitas produk. Dengan adanya sistem pengendalian kualitas yang ditunjang proses produksi yang baik maka akan memberikan jaminan kualitas produk yang dapat bersaing di pasaran. Dari basil analisa data yang dikumpulkan selama ini , proses finishing memegang peranan utama penyebab terjadinya cacat pada produk container Cosmetik (tube). Data-data yang terkumpul dapat dianalisa dengan menggunakan peta kontrol untuk mengetahui keterkendalian proses, diagram Pareto untuk mencari cacat yang paling dominan, dan diagram Ishikawa untuk penelusuran faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya cacat. Setelah itu dilakukan implementasikan suatu metode usulan untuk memperbaiki metode kerja dan pengendalian kualitas yang telah ada. Dari hasil implementasi itu dilakukan uji hipotesis, yang temyata menghasilkan suatu kesimpulan bahwa metode usulan tersebut lebih baik daripada metode awal. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya penurunan jenis cacat gopil sampai sebesar kurang lebih 15 %. Sedangkan alternatif sistem pengendalian kualitas yang dapat diberikan adalah melakukan beberapa perbaikan metode kerja pada departemen Finishing dan prosedur pemeriksaan produk. Penerapan analisis yang berkaitan dengan usaha pengendalian kualitas akan dapat lebih meningkatkan dan menunjang perbaikan yang kontinu terhadap mutu produk dan mendukung usaha PT. Fajar Plastik untuk mampu lebih bersaing dalam pemasaran produknya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Users 152 not found. |
Date Deposited: | 18 Dec 2013 03:47 |
Last Modified: | 18 Dec 2013 03:47 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3922 |
Actions (login required)
View Item |