Proses Regulasi Emosi pada Perilaku Nonsuicidal Self-Injury

Indrawati, Hardhika Fitri (2020) Proses Regulasi Emosi pada Perilaku Nonsuicidal Self-Injury. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of S_621_Abstrak.pdf] PDF
S_621_Abstrak.pdf

Download (100kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260455

Abstract

Non-Suicidal Self-Injury(NSSI) merupakan perilaku merugikan diri sendiri secara sengaja tanpa ada niat untuk bunuh diri. Kasus NSSI di Indonesia sering muncul pada usia remaja dan dewasa awal. Salah satu dampak yang dapat terjadi adalah kematian akibat luka yang fatal. Perilaku ini dapat dikaitkan dengan kondisi emosional individu. Banyak individu mencari kedamaian emosional ketika melakukan NSSI, seperti menyilet dan memukul diri sendiri. Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu NSSI, salah satunya adalah regulasi emosi. Regulasi emosi merupakan kemampuan individu untuk mengontrol emosi yang ada dalam diri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bentuk dan proses terbentuknya regulasi emosi pada individu yang memiliki perilaku NSSI, serta memahami faktor pemicu munculnya perilaku NSSI.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma fenomenologi interpretatif. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus intrinsik. Penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur dan melibatkan dua orang subjek berusia 22 tahun (dewasa awal), perempuan, tinggal di kota urban, dan melakukan NSSI sebanyak lebih dari 5 kali dalam setahun terakhir. Proses dalam menganalisis penelitian ini adalah dengan menggunakan metode analisis tematik.Hasil analisis menemukan bahwa regulasiemosi pada individu terbentuk karena kondisi lingkungan yang ada dan memicu perilaku NSSI. Dari budaya patriarki yang menyebabkan adanya ketimpangan gender pada keluarga, sehingga berpengaruh pada pola asuh anak. Gaya hidup yang terpapar kekerasan serta pengalaman menjadi korban bullying di lingkungan sekolah. Kondisi lingkungan tersebut memicu munculnya self-blame pada individu. Selain itu, perilaku NSSI juga didapatkan dari proses belajar sosial atau modelingdari figur terdekat individu.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Non-Suicidal Self-Injury, Regulasi Emosi, self-blame, bullying, pola asuh, modeling
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: DONA PUSPITA BIANTARI
Date Deposited: 13 Apr 2021 02:21
Last Modified: 13 Apr 2021 02:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39245

Actions (login required)

View Item View Item