Analisis Perbedaan Biaya Rill dengan Tarif Ina CBGS Rumah Sakit pada Pasien Asma Peserta JKN di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum XYZ Jember

Pratama, Anggara Martha (2020) Analisis Perbedaan Biaya Rill dengan Tarif Ina CBGS Rumah Sakit pada Pasien Asma Peserta JKN di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum XYZ Jember. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MFI_15_Abstrak.pdf] PDF
MFI_15_Abstrak.pdf

Download (106kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260541

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan antara biaya rill dengan biaya INA CBG di Rumah Sakit XYZ. Penelitian dimulai dari tanggal 1 Januari 2019 sampai 1 Januari 2020. Penelitian ini merupakan penelitian Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian non eksperimental dengan metode retrospektif. Penelitian retrospektif digunakan dengan mengikuti data rekam medis pasien. Penelitian ini membandingkan 2 (dua) biaya pengobatan yaitu biaya rill Rumah Sakit Umum XYZ di Jember dengan tarif INA CBGs pada pasien asma peserta JKN di instalasi gawat darurat Rumah Sakit Umum XYZ di Jember dengan jumlah 99 responden. Hasil pengolahan data dari bantuan program SPSS for windows versi 25 dengan uji independent t-test didapatkan data bahwa nilai P sebesar 0,002 lebih kecil dibandingkan dengan nilai alpha 0,05 (Nilai P < Nilai α). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terkait total biaya medis langsung antara kelompok biaya Rill dan Biaya INA CBG’S. Saran pada penelitian ini dilakukannnya pengambilan data secara prospektif saat itu juga untuk memastikan atau menyesuaikan data yang terdapat pada rekam medis sesuai dengan keadaan subyek/pasien tersebut dengan tetap mempertimbangkan jumlah sampel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Analisa Biaya, Biaya, Biaya Rill, Biaya INA CBGS, Pasien Asma
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 14 Apr 2021 05:04
Last Modified: 14 Apr 2021 05:04
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39265

Actions (login required)

View Item View Item