Ashari, Muhammad Yusuf (2021) Deskripsi Motivasi Gamer Pada Individu Usia Dewasa (30 Tahun ke Atas). [Undergraduate thesis]
PDF
KS_P_1114_Abstrak.pdf Download (232kB) |
Abstract
Kegiatan bermain game telah menjadi kegiatan yang cukup populer belakangan ini, terutama pada kalangan usia dewasa yang telah bekerja. Beberapa riset mengenai gaming yang dilakukan ESA dan Newzoo menunjukkan bahwa usia dewasa cukup mendominasi demografi para pemain game, dan sebagian besar demografi gamer berprofesi sebagai karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran motivasi dalam bermain game pada individu usia dewasa. Peneliti ini bersifat deskriptif-kualitatif, menggunakan paradigma postpositivisme dan pendekatan realis. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data dilakukan dengan cara in-depth interview terhadap 4 orang informan berusia 30-45 tahun dan senang bermain game. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa dorongan/motivasi yang dimiliki para informan dalam bermain game, yaitu refreshing, mempelajari strategi, mencari kesenangan, keinginan untuk berkompetisi dan pengaruh luar (orang lain dan media).
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usia Dewasa, Motivasi Bermain Game, Motivasi, Tanggungjawab, Dewasa Madya |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | KRISTINA |
Date Deposited: | 22 Apr 2021 05:39 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 05:39 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39292 |
Actions (login required)
View Item |