Perlindungan Hukum bagi Pemodal dalam Penyelenggaraan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding)

Budiman, Daniel Kuntjoro (2020) Perlindungan Hukum bagi Pemodal dalam Penyelenggaraan Urun Dana Melalui Penawaran Saham Berbasis Teknologi Informasi (Equity Crowdfunding). Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MKN_589_Abstrak.pdf] PDF
MKN_589_Abstrak.pdf

Download (460kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260633

Abstract

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan tentang Layanan Urun Dana yang baru terbit memungkinkan Layanan Urun Dana diterapkan di Indonesia. Tesis ini memfokuskan pada perlindungan hukum bagi Pemodal karena posisinya yang lemah terhadap pihak Penerbit Saham dan Penyelenggara yang memiliki kesempatan merugikan hak Pemodal. Metode penelitian hukum ini menggunakan pendekatan statute approach dan conceptual approach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan hukum dalam kegiatan Layanan Urun Dana memiliki karakteristik khas. Pemodal membeli saham dengan dibayar penuh kepada Penyelenggara. Pembelian saham Pemodal dilakukan dengan memberi kuasa kepada Penyelenggara bertindak untuk dan atas namanya sebagai Pemegang Saham perusahaan Penerbit. Layanan Urun Dana adalah layanan penawaran saham yang dilakukan oleh Penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada Pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka. Penyelenggara adalah pihak yang menyediakan sistem elektronik yang dimaksud, ia bertindak hanya sebagai perantara. Urun Dana yang dihimpun Penyelenggara bukanlah milik Penyelenggara, melainkan milik masing-masing Pemodal. Pemodal sebagai pemegang saham memiliki hak menerima dividen yang bersumber dari perjanjian dan peraturan perundang-undangan. Penerbit Saham dan Penyelenggara bertanggung gugat Wanprestasi atau Perbuatan Melawan Hukum jika melanggar hak Pemodal. Wanprestasi Penerbit Saham dan Penyelenggara ketika melanggar perjanjian. Penyelenggara dengan Pemodal ada perjanjian tertulis sehingga Wanprestasi Penyelenggara dapat terlihat jelas. Meski Pemodal tidak ada perjanjian tertulis dengan Penerbit Saham, hubungan hukum Pemodal dengan Penerbit Saham tetap ada secara langsung. Karena Pemodal telah memberikan kuasa kepada Penyelenggara untuk bertindak untuk dan atas namanya sebagai Pemegang Saham Penerbit. Perbuatan Melawan Hukum Penyelenggara ketika melanggar Undang-Undang Perlindungan Konsumen sedangkan Perbuatan Melawan Hukum Penerbit Saham ketika melanggar Undang-Undang Perseroan Terbatas. Pemodal dapat menuntut Penerbit Saham dan Penyelenggara biaya, rugi, dan bunga terhadap dasar gugatan Wanprestasi, dan dapat menuntut ganti kerugian dengan dasar gugatan Perbuatan Melawan Hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan Urun Dana, Kuasa, Saham, Dividen, Tanggung Gugat
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 16 Apr 2021 08:23
Last Modified: 16 Apr 2021 08:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39312

Actions (login required)

View Item View Item