Eksistensi Asas Publisitas Hak Tanggungan Pasca Terbitnya Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintergrasi Secara Elektronik

Herayani, Pungki (2020) Eksistensi Asas Publisitas Hak Tanggungan Pasca Terbitnya Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintergrasi Secara Elektronik. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MKN_591_Abstrak.pdf] PDF
MKN_591_Abstrak.pdf

Download (227kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260643

Abstract

Kebutuhan masyarakat atas modal untuk pembiayaan kegiatan usaha dapat dipenuhi dengan berbagai macam cara, satu di antaranyamengadakan hubungan hukum dengan bank. Salah satu kegiatan usaha perbankan yaitu menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Bank dalam memberikan kredit wajib mempunyai keyakinan, keyakinan tersebut dikenal dengan lima C, yaitu character, capacity, capital, collateral dan condition. Collateral atau jaminan dapat berupa barang bergerak dan barang tidak bergerak. Barang tidak bergerak berupa hak atas tanah yang dibebani sebagai agunan atau jaminan. Pendaftaran jaminan secara elektronik di satu sisi untuk meningkatkan pelayanan hak tanggungan yang memenuhi asas keterbukaan, ketepatan waktu, kecepatan, kemudahan dan keterjangkauan dalam rangka pelayanan publik, serta untuk menyesuaikan perkembangan hukum, teknologi dan kebutuhan masyarakat, namun di sisi yang lain mengaburkan asas publisitas sebagai hal yang mutlak dalam pendaftaran hak tanggungan. Permasalahan yang dibahas adalah Apa akibat hukum pendaftaran jaminan hak tanggungan secara elektronik terkait asas publisitas dan Apakah pihak ketiga memperoleh perlindungan hukum atas pembebanan hak tanggungan secara elektronik terkait dengan asas publisitas. Diperoleh hasil kesimpulan bahwa akibat hukum pendaftaran jaminan hak tanggungan secara elektronik terkait asas publisitas adalah batal demi hukum dan tidak adanya perlindungan hukum pihak ketiga atas pembebanan hak tanggungan secara elektronik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Asas Publisitas, Hak Tanggungan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:07
Last Modified: 19 Apr 2021 03:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39316

Actions (login required)

View Item View Item