Strategi Pengembangan UMKM agar Berdaya Saing dan Meningkatkan Kinerja sebagai Pemain dalam Global Halal Industry (Studi Kasus Rumah Kreatif BUMN Surabaya)

Grisselda, Almas (2020) Strategi Pengembangan UMKM agar Berdaya Saing dan Meningkatkan Kinerja sebagai Pemain dalam Global Halal Industry (Studi Kasus Rumah Kreatif BUMN Surabaya). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_2205_Abstrak.pdf] PDF
SP_2205_Abstrak.pdf

Download (88kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/260825

Abstract

Industri halal muncul sebagai sebuah isu perekonomian dunia untuk menjawab kebutuhan masyarakat baik muslim juga non-muslim yang semakin sadar akan kualitas hingga kehigienisan suatu produk yang dikonsumsinya. UMKM yang berperan besar sebagai penopang perekonomian di Indonesia mempunyai potensi yang harus didukung agar berkembang, naik kelas, dan berdaya saing sehingga perluasan pasar baik dalam negeri hingga ekspor dapat dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang dilakukan Rumah Kreatif BUMN Surabaya untuk mendukung industri halal Indonesia khususnya UMKM agar berdaya saing dan meningkatkan kinerjanya sebagai pemain dalam Global Halal Industry. Digunakan data primer yang diperoleh dengan metode wawancara yang dilakukan kepada staf Rumah Kreatif BUMN Surabaya dan beberapa UMKM binaannya, serta data sekunder. Penelitian kualitatif dilakukan dengan menginterpretasikan studi kasus pada Rumah Kreatif BUMN Surabaya. Strategi yang dilakukan Rumah Kreatif BUMN Surabaya berfokus pada strategi intensif pengembangan produk, pengembangan pasar, dan penetrasi pasar yang melalui beberapa level pembinaan antara lain Go Modern, Go Digital, dan Go Online. Temuan penelitian menunjukkan bahwa UMKM binaan merasakan adanya dampak positif pada daya saing dan kinerja yang dibuktikan dari kenaikan volume produksi dan omset penjualan. Berdasarkan analisis hasil penelitian, Strategi pengembangan UMKM binaan Rumah Kreatif BUMN Surabaya agar Berdaya Saing dalam Global Halal Industry yaitu dengan mengembangkan variasi produk sesuai tren dan permintaan pasar tujuan dengan tetap menjaga kualitas dan kehalalan produk, meningkatkan branding produk dan menetapkan strategi harga pasar, mengembangkan pemasaran secara offline mapun online juga meningkatkan manajemen produksi dan memperkuat modal untuk bersaing dengan industri yang lebih besar khususnya dalam Global Halal Industry.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Daya Saing, Global Halal Industry, Kinerja, Strategi, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Perpustakaan UBAYA
Date Deposited: 23 Apr 2021 08:02
Last Modified: 23 Apr 2021 08:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39389

Actions (login required)

View Item View Item