EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG DESAIN AUTOMOTIF AIR FILTER; DITINJAU DARI VALUE ENGINEERING DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMNET (QFD)

Alfianto, Andreas and Pratiknyo, Yuwono Budi and Yon, Haryono (2005) EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG DESAIN AUTOMOTIF AIR FILTER; DITINJAU DARI VALUE ENGINEERING DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMNET (QFD). In: Prosiding Seminar Nasional 2005 : Collaborative Product Design, 16-17 Februari 2005, Yogyakarta.

[img]
Preview
PDF
Alfianto_Evaluasi dan Perancangan Ulang_Abstract_2005.pdf - Published Version

Download (42Kb) | Preview
[img] PDF
Alfianto_Evaluasi dan Perancangan Ulang_2005.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397Kb) | Request a copy
[img]
Preview
PDF
Alfianto_Evaluasi dan Perancangan Ulang_References_2005.pdf - Published Version

Download (36Kb) | Preview

Abstract

Automotive air filter adalah salah satu komponen disposable pada motor bakar yang berfungsi untuk melakukan penyaringan udara sebelum masuk ke dalam ruang bakar. Sebagai komponen disposable maka kebutuhan air filter akan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan jumlah kendaraan. Selama ini air filter dipahami semata-mata hanya sebagai penyaring udara sebelum masuk ruang bakar. Pada kenyataanya, proses pembakaran juga dipengaruhi oleh homogenitas pencampuran bahan bakar dan udara. Untuk meningkatkan fungsi, kinerja dan nilai ekonomis air filter, maka pada penelitian ini dikembangkan beberapa konsep desain air filter. Ide dasar perancangan diturunkan dari studi literatur dan penelitian yang mengkaji pengaruh aliran udara terhadap kinerja pembakaran. Selanjutnya ide dasar tersebut dituangkan dalam bentuk desain air filter yang mampu merekayasa aliran udara sesuai dengan yang dikehendaki,sedemikian rupa sehingga pencampuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar menjadi lebih sempurna. Konsep desain dirancang dengan memperhatikan nilai tambah secara teknis dan berdasarkan keinginan konsumen. Value Engineering dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perancangan ulang yang dilakukan terhadap fungsi dari alat, sedangkan quality function deployment dilakukan untuk mengetahui produk air filter yang seperti apa yang diinginkan masyarakat. Penelitian ini menunjukkan seberapa besar jumlah lipatan paper yang optimum sehingga pemakaian paper filter bisa diminimalkan tanpa mengurangi kualitas produk. Penelitian ini dikembangkan dengan peran serta dan kolaborasi industri air filter dengan institusi pendidikan, sehingga hasil evaluasi dan perancangan ulang desain automotif air filter bisa langsung diaplikasikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: konsep desain, air filter, value engineering, QFD
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 25 Apr 2012 03:09
Last Modified: 25 Apr 2012 03:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item