Zakaria, Dimas Reza (2020) Perancangan Aplikasi Jasa Service Mobil dan Motor Berbasis Online di Surabaya dengan Mempertimbangkan Usability. [Undergraduate thesis]
PDF
TM_4360_Abstrak.pdf Download (231kB) |
Abstract
Pada saat ini perkembangan teknologi informasi mempermudah para penggunanya meyelesaikan pekerjaannya yang berhubungan dengan teknologi informasi. Sudah banyak perusahaan atau organisasi yang memanfaatkan teknologi infromasi. Salah satu contoh contoh teknologi informasi yang digunakan adalah sistem yang terprogram yang digunakan dalam membantu kegiatan atau pekerjaan layaknya aplikasi pada samrtphone. Dengan berkembangnya teknologi, penggunaan smartphone menjadi salah satu yang sering digunakan oleh masyarakat. Dengan adanya peluang dari penggunaan smartphone ini dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk melakukan pemesanan jasa servis kendaraan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang aplikasi jasa service motor dan mobil berbasis online di Surabaya dengan mempertimbangkan dimensi usability yang terdiri dari 5 dimensi yaitu learnablility, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Yang diharapkan aplikasi tersebut dapat mempermudah mendapatkan service kendaraan dengan pemesanan jasa service motor dan mobil secara online di Surabaya. Berdasarkan pengolahan data dan analisis hasil, terdapat 3 kategori dimensi usability yang masing-masing memiliki nilai rentang dari maksimal nilai skor 5 yaitu 1 sampai 2,33 (rendah); 2,34 sampai 3,67 (cukup); dan 3,68 sampai 5 (tinggi). Dan hasil pada tingkat kepentingan atribut usability akan dipertimbangkan dalam perancangan aplikasi dengan grand mean tingkat kepentingan masing-masing dimensi usability sebesar 4,35 untuk learnability, 4,275 untuk efficiency, 4,38 untuk memorability, 4,6 untuk errors, dan 4,895 untuk satsfaction. Aplikasi yang telah dirancang memiliki fitur-fitur seperti fitur maps agar pengguna dapat melihat lokasi dari dirinya, fitur tracking untuk melacak posisi pengguna melalui fitur maps, fitur help untuk membantu pengguna ketika menghadapi masalah kendaraan yang tidak diketahui olehnya, fitur peringatan untuk meminimalisir error yang disebabkan oleh pengguna dengan berupa notif peringatan, dan fitur call untuk mendukung fitur help apabila pengguna masih mengalami kesulitan. Aplikasi yang telah dibuat akan diuji dari segi produk dan usability nya dengan memberikan tugas kepada 30 responden untuk mensimulasikan pemesanan jasa servis kendaraan dengan tujuan menilai atribut yang dipertimbangkan dalam perancangan aplikasi. Setelah dilakukan product testing dan usability testing, disimpulkan bahwa atribut usability yang cukup baik adalah atribut kemudahan pengguna dalam mengenali simbol atau icon yang tersedia dengan grand mean sebesar 4,67, sedangkan atribut usability yang kurang menurut responden adalah atribut terdapat tombol refresh untuk memperbarui halaman dengan grand mean 3,77. Pada bagian product testing dan usability testing memiliki 3 kategori yang masing-masing memiliki nilai rentang dari maksimal nilai skor 5 yaitu 1 sampai 2,33 (buruk); 2,34 sampai 3,67 (cukup); dan 3,68 sampai 5 (baik). Dan hasil dari usability testing bahwa nilai total yang didapat sebesar 4,21 sehingga aplikasi ini masih dikategorikan baik dan ada 9 atribut yang perlu dilakukan perbaikan karena memiliki mean kurang dari 4,21. Aplikasi yang telah diuji akan dilakukan analisis ekonomis pengembangan produk dengan menggunakan metode NPV untuk mengetahui apakah proyek layak untuk dilakukan. Hasil dari analisis ekonomis pengembangan produk adalah proyek layak untuk dilakukan karena NPV yang dihasilkan memiliki nilai porsitif yaitu sebesar Rp. 2.149.109.000.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan dan pengembangan produk, usability, need metric, aplikasi, konsep produk. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 08:38 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 08:38 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39407 |
Actions (login required)
View Item |