Wibisono, Puspitasari (2001) Hubungan Antara Konformitas Dengan Kohesivitas Pada Anggota Kelompok Multilevel Marketing. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Masa globalisasi telah datang dan telah terjadi perubahan-perubahan dalam sektor kehidupan. Perubahan itu dapat dilihat dari tiga aspek yang sangat mempengaruhi situasi persaingan, yaitu teknologi, akonomi dan pasar. Teknologi sebagai variabel utama membuktikan bahwa makin tinggi budi daya manusia, maka akan terlihat pula dari teknologi yang dipakai yang akan mengakibatkan perubahan. Jadi dalam perusahaan harus selalu dipikirkan teknologi apa yang akan digunakan dan sejauh mana perubahan teknologi akan berpengaruh pada perilakn pelanggan dan pesaing. Selain itu, system perekonomian sentral, terencana dan tertutup akan berubah makin tersebar, terbuka dan mendasarkan diri pada kekuatan pasar. Selanjutnya, sistem ekonomi akan mempengaruhi pasar. Di tengah semua itu, perkembangan sektor industri juga terjadi secara cepat. Setiap perusahaan menghendaki hasil produksinya disukai dan menjadi pilihan utama konsumen. Untuk itu perusahaan berusaha menyesuaikan dengan tuntutan konsumen serta mencari cara yang efektif serta efisien untuk memenuhinya. Salah satu aspek yang paling penting adalah dalam hal pemasaran, agar perusahaan dapat survive serta memenangkan persaingan. Dalam situasi persaingan tersebut, perusahaan dihadapkan pada kebutuhan untuk mengubah strategi pemasarannya. Dari berbagai macam cara, maka strategi pemasaran yang banyak digunakan adalah strategi pemasaran dengan sistem multilevel marketing (MLM). Dalam system ini bukan hanya memperhatikan proses penjualan, tapi juga servis yang diberikan. Dengan strategi ini, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pemasaran produk melalui iklan. Pemasaran ini dilakukan dengan merekrut anggota yang akan bertugas memasarkan produk serta merekrut anggota-anggota berikutnya. Keuntungan yang diperoleh anggota juga tidak putus-putusnya. Semua prosedur diberikan perusahaan sejak pertama kali anggota bergabung dalam perusahaan. Namun dengan makin banyaknya anggota, maka mulai timbul persaingan di antara anggota tersebut dalam satu kelompok. Mereka saling berusaha untuk memperoleh keuntungan yang banyak, melalui cara penjualan yang mereka lakukan. Padahal dasar utama MLM adalah adanya rasa saling peduli bukan semata-mata mencari keuntungan; dan mengenai prosedur dalam bekerja semua telah ditetapkan dalam buku pedoman sebagai standard bersama sebagai kelompok. Sehingga hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya konformitas anggota yang mungkin dapat mempengaruhi kohesivitas kelompok. Karena itu, dalam penelitian ini ingin dilihat apakah konformitas anggota akan berhubungan dengan kohesivitas kelompok. Variabel dalam penelitian ini adalah konformitas anggota sebagai variabel bebas dan kohesivitas kelompok sebgai variabel tergantung. Definisi operasional konformitas adalah pengertian dan tingkat ketaatan anggota pada prosedur perusahaan (kelompok}, sedangkan kohesivitas kelompok adalah suatu tingkat elit di mana anggota kelompok saling menyatu, tergantung dan bekerjasama satu sama lain. Sampel penelitian adalah anggota aktif dalam perusahaan kosmetik "X" dengan sistem MLM. Data dikumpulkan dengan membagikan angket kepada sampel. Data tersebut kemudian diolah dengan metode statistik anareg dan korelasi parsial. Hasil analisis data-data tersebut menyebutkan adanya hubuogan yang sangat signifikan antara konformitas anggota (pada perusahaan MLM) dengan kohesivitas kelompok (F = 24,695 dan p= 0,000 serta r = 0, 703). Dan aspek ketaatan dari konformitas adalah aspek yang paling banyak memberikan sumbangan efektif bagi kohesivitas kelompok ( 25,715 %).
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 25 Jul 2013 08:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2013 08:36 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/3954 |
Actions (login required)
View Item |