Mustikasari, Hany and Destiarmand, Achmad Haldani and Sachari, Agus (2020) Kajian Terhadap Kecenderungan Aspek Visual Dalam Perancangan Produk Mode Berbasis Tenun Gedhog Khas Tuban. Jurnal Keluwih, 1 (2). pp. 110-118. ISSN 2721-2432
PDF
Jurnal Keluwih-Hany Mustikasari.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (469kB) |
Abstract
Indonesia memiliki banyak kekayaan budaya yang dapat mendukung keberlangsungan dari Industri Kreatif. Salah satunya adalah wastra nusantara berupa tenun gedhog. Dibandingkan dengan jenis tenun yang lain seperti ikat atau songket, tenun gedhog masih kurang popularitasnya di dalam pasar konsumen. Meski demikian, tenun gedhog tetap memiliki peluang pengembangan lebih lanjut menjadi sebuah produk dalam industri mode supaya makin dikenal oleh masyarakat. Minat dan persepsi konsumen terhadap produk berbasis tenun dianalisis melalui metodologi kualitatif dalam rangka memahami keinginan pasar. Selain itu, dilakukan pula eksperimen untuk memperoleh bentuk akhir produk mode yang terbuat dari material tenun gedhog. Diversifikasi produk mengacu kepada aspek visual dalam desain seperti bentuk, warna, ukuran, dan proporsi. Melalui penelitian ini diperoleh analisis dari kecenderungan masyarakat terhadap pemilihan produk mode yang terbuat dari material tenun. Hal ini dapat dimanfaatkan baik bagi landasan penelitian selanjutnya maupun bagi peningkatan kualitas dan nilai jual produk dalam pasar konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aspek visual, mode, tenun gedhog |
Subjects: | T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts |
Divisions: | Faculty of Creative Industry > Department of Fashion and Lifestyle Product Design |
Depositing User: | HANY MUSTIKASARI |
Date Deposited: | 06 Aug 2021 07:33 |
Last Modified: | 18 Aug 2021 03:03 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39661 |
Actions (login required)
View Item |