The Analysis and Design of School Health Unit Information System

Absari, Dhiani Tresna and Liliana, Liliana (2021) The Analysis and Design of School Health Unit Information System. Jurnal Komputer Terapan, 7 (1). pp. 110-119. ISSN 2460-5255 (Online); 2443-4159 (Print)

[thumbnail of The Analysis and Design of School Health Unit Information System] PDF (The Analysis and Design of School Health Unit Information System)
2021_paper_JKT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
Official URL / DOI: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/vie...

Abstract

Keberhasilan pendidikan ditunjang oleh aspek akademis maupun non akademis. Untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan ini, maka sekolah harus memiliki kemitraan yang baik dengan orang tua terhadap kedua aspek tersebut, termasuk kesehatan siswa. Seringkali Unit Kesehatan Siswa (UKS) dianggap sebagai supporting system dalam proses bisnis di sekolah, sehingga kurang mendapatkan perhatian yang serius. Saat ini, cukup banyak kegiatan di UKS yang dilakukan secara paper-based, atau bahkan mengandalkan ingatan petugas, seperti ijin tidak masuk sekolah, penggunaan obat, informasi kegiatan penyuluhan, kejadian yang menimpa anak di sekolah dan kegiatan lainnya. Informasi tersebut memiliki kemungkinan tidak diterima dengan baik oleh orang tua, seperti form catatan hilang, atau terlambat diterima oleh orang tua. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang memungkinkan orang tua dan pihak sekolah berinteraksi secara online, terkait kondisi kesehatan anak selama di sekolah dan sebaliknya. Sistem ini dirancang dengan dua platform, yaitu web dan mobile; dan menggunakan satu database, sehingga sistem tetap terintegrasi dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak sekolah maupun orang tua. Desain aplikasi yang dibuat diujicoba menggunakan black box testing, melalui survei ke orangtua siswa, serta wawancara ke petugas UKS. Berdasarkan hasil uji coba, sistem dapat meningkatkan kualitas komunikasi antar sekolah dan orang tua. Kata Kunci: sistem UKS, sistem informasi kesehatan siswa, sistem informasi kesehatan sekolah

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem UKS, sistem informasi kesehatan siswa, sistem informasi kesehatan sekolah
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Information System
Depositing User: LILIANA
Date Deposited: 21 Jul 2021 14:36
Last Modified: 21 Jul 2021 14:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39833

Actions (login required)

View Item View Item