Tionardi, Elizabeth Findriany and Sari, Ika Famila (2020) Efektivitas Pelatihan “Let’s Learn to Pause & Breathe” untuk Menurunkan Kesulitan dalam Meregulasi Emosi pada Siswa Kelas XII SMA X Gresik. Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 16 (2). pp. 253-264. ISSN 1858-4063
PDF
Efektivitas Pelatihan “Let’s Learn to Pause & Breathe” untuk Menurunkan Kesulitan dalam Meregulasi Emosi pada Siswa Kelas XII SMA X Gresik_Elizabeth Findriany Tionardi.pdf Download (628kB) |
|
PDF
LOA_Elizabeth Findriany Tionardi.pdf Restricted to Registered users only Download (606kB) | Request a copy |
Abstract
Pelatihan ini ditujukan untuk membantu meningkatkan mindfulness pada diri siswa sehingga dapat membantu mengurangi kesulitan siswa dalam meregulasi emosi. Aspek mindfulness yang digunakan pada pelatihan ini didasarkan pada aspek dari five facet mindfulness questionnaire (FFMQ) (Baer et. al., 2006), yaitu nonreactivity to inner experience, observing, acting with awareness, describing/ labeling, dan nonjudging of experience. Pengukuran tingkat kesulitan siswa dalam meregulasi emosi menggunakan aspek dari difficulties in emotion regulation (Roemer & Gratz, 2004), yaitu nonacceptance of emotional responses, difficulties engaging in goals-directed behavior, impulse control difficulties, lack of emotional awareness, limited access to emotion regulation strategies dan lack of emotional clarity. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan mindfulness dapat membantu menurunkan tingkat kesulitan meregulasi emosi yang dialami oleh para siswa (nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | mindfulness, regulasi emosi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Elizabeth Findriany Tionardi |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 03:36 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 03:36 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/39887 |
Actions (login required)
View Item |