Devikenshi, Monique Secilia Ully (2021) Hubungan Antara Relasi Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Matematika di SMP X Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
ED_559_Abtrak.pdf Download (271kB) |
Abstract
Motivasi belajar matematika merupakan dorongan atau daya penggerak dari dalam diri siswa secara sadar untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam proses belajar matematika. Motivasi belajar intrinsik menjadi hal penting dan diandalkan terutama pada masa pandemi saat bersekolah daring karena terdapat keterbatasan secara fisik pada relasi guru dan siswa. Adanya pandemi yang terjadi membuat siswa tidak bisa berelasi dengan cukup baik dengan para guru. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji adanya hubungan antara relasi guru dan siswa dengan motivasi belajar matematika. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif pada siswa kelas 8 menggunakan Quota Sampling pada 247 siswa dan diisi oleh 103 partisipan. Alat ukur yang digunakan ialah Mathematics Motivation Scale dan Student Version of Teacher-Student Relationship Inventory (S-TSRI) yang diuji denga teknik analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil yang didapatkan memiliki korelasi antara motivasi belajar matematika dengan relasi guru dan siswa dengan nilai r = 0,330 ; p = 0,000 (p ≤ 0,05). Relasi guru dan siswa berada pada kategori “Rendah” sedangkan motivasi belajar matematika berada pada tingkatan “Sedang”. Adanya aspek lain yang ditemukan, yaitu rasa ingin mempelajari matematika, memungkinkan untuk menjadi alasan dari motivasi matematika berada dalam kategori sedang.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Relasi Guru-Siswa, Motivasi Belajar Matematika, Pembelajaran Daring |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 02:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 02:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40072 |
Actions (login required)
View Item |