Tindakan Diskriminatif Antar Pelaku Usaha aalam Penyelenggaraan Jasa Angkutan Sewa Khusus yang Menggunakan Aplikasi Grab (studi Kasus Putusan Kppu Nomor: 13/kppu-i/2019)

Florencia, Aline (2021) Tindakan Diskriminatif Antar Pelaku Usaha aalam Penyelenggaraan Jasa Angkutan Sewa Khusus yang Menggunakan Aplikasi Grab (studi Kasus Putusan Kppu Nomor: 13/kppu-i/2019). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of PE_3781_Abstrak.pdf] PDF
PE_3781_Abstrak.pdf

Download (223kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/261841

Abstract

Pada dunia usaha, tindakan diskriminatif antar pelaku usaha dapat disebabkan karena berbagai hal. Adanya perbedaan sikap dan perlakuan yang diberikan pelaku usaha terhadap pelaku usaha tertentu untuk mendapatkan kesempatan yang sama menjadi penyebab adanya tindakan diskriminasi. Hal tersebut dilarang apabila menyebabkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat di pasar bersangkutan baik di level horizontal (pelaku praktik diskriminasi) maupun di level vertikal (korban praktik diskriminasi). Salah satu contoh kasus terjadi pada PT. STI yang merupakan perusahaan penyedia jasa aplikasi bernama Grab App yang di dalamnya menawarkan jasa GrabCar. Pada pelaksanaannya, PT. STI berafiliasi dengan PT. TPI melalui jabatan rangkap, sehingga PT. STI memberikan pelayanan eksklusif kepada PT. TPI sebagai afiliasinya dan memberikan pelayanan yang berbeda kepada mitra non PT. TPI. Tindakan yang demikian berdampak pada pelaku usaha pesaing PT. TPI yang telah berusaha untuk bersaing secara sehat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder berupa buku dan perundangundangan yang terkait. Penelitian ini mendapatkan hasil, yakni menggambarkan bahwa para pelaku usaha yang direksi dan atau komisarisnya melakukan jabatan rangkap berpotensi melakukan tindakan diskriminasi dan menyebabkan terjadinya persaingan usaha tidak sehat pada pasar bersangkutan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Praktik Diskriminasi, Jabatan Rangkap, Hukum Persaingan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:35
Last Modified: 27 Aug 2021 02:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40098

Actions (login required)

View Item View Item