Efektivitas Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol Herba Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) Dalam Menurunkan Waktu Kejang Pada Men cit Putih Jan tan Menggunakan Maximum Electroshock Seizure

Kirtishanti, Aguslina and Suhud, Farida and Hakim, Imam Luqman and Widiana, Elizabeth Devita (2006) Efektivitas Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol Herba Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban) Dalam Menurunkan Waktu Kejang Pada Men cit Putih Jan tan Menggunakan Maximum Electroshock Seizure. In: Simposium Nasional ke-3 Hasil Penelitian dan Pengembangan Bidang Kesehatan, 30 November-1 Desember 2006, Jakarta.

[thumbnail of Aguslina_Efektivitas Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol Herba Pegagan.pdf] PDF
Aguslina_Efektivitas Ekstrak Air dan Ekstrak Etanol Herba Pegagan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Epilepsi mempakan penyakit dengan derajat prevalensi cukup tinggi. Terapi epilepsi menggunakan obat antiepilepsi oral yang dikonsmnsi jangka panjang atau seumur hidup. Hal tersebut dapat menimbulkan masalah toleransi obat dan efek samping obat yang tidak diinginkan. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu antiepilepsi baru yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui khasiat antiepilepsi dari herba pegagan pada mencit putih jantan (Mus musculus) mengglmakan alat Maximum Electroshock Sei::ure dengan metode induksi lishik. Penelitian ini menggunakan 3 kelompok besar mencit yaitu kelompok konh-ol yang dibeti aquadem, kelompok uji I diberi eksn·ak air herba pegagan dan terbagi menjadi 5 kelompok kecil dengan dosis yang berbeda (88,4 mg/kgBB; 265,2 mg/kgBB; 442 mg/kgBB; 707,2 mg/kgBB; 884 mg/kgBB) dan kelompok uji II dibeti eksti-ak etanol herba pegagan dan dibagi juga menjadi 6 kelompok kecil dengan dosis yang berbeda (4,86 mg/kgBB; 9,73 mg/kgBB; 19,45 mg/kgBB; 38,92 mg/kgBB; 58,38 mg/kgBB; 97,3 mg/kgBB). Setelah diberi terapi maka semua mencit didiamkan selama 30 menit kemudian dibeti induksi lishik. Efek antiepilepsi ditandai dengan penunman waktu kejang tonik dan klonik mencit. Berdasarkan hasil statistik disimpulkan bahwa eksn-ak air herba Pegagan dengan dosis 442 mg/Kg BB mencit dan eksn-ak etanol (dosis 9,73 mg/KgBB) mampu mengurangi waktu kejang mencit dan terdapat perbedaan yang signiflkan dibandingkan dengan konn·ol.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pegagan (Centella asiatica (L.) Urban), antiepilepsi
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:03
Last Modified: 16 Jun 2023 05:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40161

Actions (login required)

View Item View Item