Studi Kualitatif Terhadap Preferensi Penggunaan Pay Later

Andini, Nanda Tri (2021) Studi Kualitatif Terhadap Preferensi Penggunaan Pay Later. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of SP_2215_Abstrak.pdf] PDF
SP_2215_Abstrak.pdf

Download (250kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262095

Abstract

Pada era sekarang, inovasi digital semakin pesat. Kemajuan di bidang teknologi mampu menarik perhatian besar dalam industri keuangan. Dalam industri keuangan, inovasi digital telah memunculkan perusahaan financial technology. Hadirnya layanan pembayaran online yang disediakan perusahaan fintech, khususnya uang elektronik, mendorong peningkatan preferensi masyarakat dan akseptasi pedagang terhadap pembayaran online khususnya dalam transaksi e-commerce. Fitur pembayaran online yang makin populer pada e-commerce yaitu fitur pay later. Fitur pembayaran pay later memiliki fungsi dan manfaatnya sama persis dengan kartu kredit. Namun, pay later dinilai memiliki bunga cicilan yang terbilang cukup tinggi dibandingkan kartu kredit. Meskipun bunga yang ditagihkan cukup tinggi, beberapa konsumen e-commerce masih tertarik untuk menggunakan metode pembayaran pay later. Studi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif eksplorasi, bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam pengambilan keputusan penggunaan alat transaksi pay later. Data dikumpulkan melalui wawancara yang diolah melalui analisis data coding. Data dari hasil wawancara menunjukan bahwa faktor psikologis dan faktor pribadi mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan pay later, selain itu faktor promotion dan faktor product mempengaruhi keputusan penggunaan pay later.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: non tunai, pay later, perilaku konsumen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Economic
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Sep 2021 02:49
Last Modified: 13 Sep 2021 02:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40284

Actions (login required)

View Item View Item