Aplikasi CAL dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan untuk Anak Pra-Sekolah

Kurniawan, Christine (2002) Aplikasi CAL dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan untuk Anak Pra-Sekolah. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/233617

Abstract

Topik tugas akhir ini adalah pembuatan aplikasi sistem CAL, dengan judul Aplikasi CAL dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan untuk Anak Prasekolah. Masalah dalam pembelajaran membaca dan menulis merupakan masalah yang mendasar untuk anak di usia prasekolah, sebab kemampuan membaca menulis kini harus sudah dimiliki anak sebelum masuk ke sekolah dasar, supaya anak dapat memahami setiap mata pelajaran yang terdapat di sekolah dasar. Namun cara helajar membaca menulis tradisional, yaitu dengan menggunakan pensil dan buku tulis, merupakan metode yang relatif kurang disukai oleh anak, sebab pada usia 4-5 tahun anak cenderung suka bermain dengan warna, gambar, suara, lagu dan mendengarkan cerita. Semua hal tersebut tidak dapat dipenuhi oleh cara tradisional yang hanya menggunakan buku dan alat tulis dan anak tidak dapat memahami tulisan huruf/kata/kalimat hanya dengan melihat buku, karena tidak terdapat contoh bunyi dari tulisan huruf/kata/kalimat pada buku tersebut. Sehingga dalam belajar membaca menulis anak perlu didampingi, baik oleh guru, guru les maupun orang tua. Sebagai altematif, diterapkan cara pengajaran yang memanfaatkan media komputer sebagai sarana untuk pembelajaran secara mandiri yang berbasis pada sistem CAL Melalui tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak CAL agar anak dapat belajar mcmbaca dan menulis secara mandiri. Sebab perangkat lunak CAL berisi penjabaran materi dan disertai dengan animasi, gambar, dan suara yang menarik bagi anak prasekolah, sehingga anak merasa sedang bermain, namun sebenamya sedang belajar. Dalam perangkat lunak CAL ini juga terdapat fasilitas untuk pengerjaan soal-soal pelatihan untuk melatih kemampuan siswa setelah mempelajari materi, dan juga terdapat soal-soal evaluasi sehingga siswa dapat mengetahui tingkat pemahamannya terhadap materi. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, yaitu dengan metode "One group pretest-post/est design", hasil pretes menunjukkan tingkat pcmahaman anak TK B Sekar Melati adalah 53,33% dan setelah belajar menggunakan CAL Membaca Menulis hasil postesnya adalah 71,66%, sehingga terdapat peningkatan pemahaman materi sebesar 18,33%. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diketahui bahwa perangkat lunak ini dapat membantu anak prasekolah untuk belajar membaca dan menulis. Saran untuk penyempumaan tugas akhir ini adalah mengembangkan sistem CAL yang lebih kompleks dan lebih menarik lagi dari yang ada sekarang.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 24 Jul 2013 07:16
Last Modified: 24 Jul 2013 07:16
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4031

Actions (login required)

View Item View Item