Anggraini, Rossy (2021) Mental Accounting pada Individu Ketika Belanja Online Barang Non Pokok Melalui Digital Marketplace Shopee. [Undergraduate thesis]
PDF
AK_4876_Abstrak.pdf Download (78kB) |
Abstract
Dengan kemajuan internet, perubahan dirasakan dari aktivitas membeli yang dilakukan secara online. Hasil survei umum Badan Pusat Statistik (BPS) belanja daring mengalami peningkatan. Shopee adalah salah satu digital marketplace sebagai wadah belanja online populer di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis produk dan penawaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana individu mengelola keuangan dan mengevaluasi keputusan pembeliannya terhadap penawaran yang sulit dilewatkan dalam perspektif mental accounting. Paradigma penelitian adalah interpretif-kualitatif dengan cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini adalah biaya pengiriman menjadi sebuah penawaran yang sulit dilewatkan, individu berusaha mempertimbangkan alternatif supaya terhindar atau mendapat pengurangan biaya pengiriman. Pengambilan keputusan pembelian barang non pokok di Shopee melibatkan upaya kognitif dari mental accounting dan nilai afektif. Kemudian, dalam pemilihan jenis barang melibatkan functional value dan emotional value. Nilai afektif ditunjukan dari perasaan kecewa apabila mengalami kerugian dan senang apabila keuntungan tercapai dari segi fisik dan harga barang.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi Mental, Belanja Online, Nilai Afektif |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | DONA PUSPITA BIANTARI |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 03:11 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 03:11 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40394 |
Actions (login required)
View Item |