Business Plan: Garud45ports

Adrian, Viktor (2021) Business Plan: Garud45ports. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM_594_Abstrak.pdf] PDF
MM_594_Abstrak.pdf

Download (209kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262430

Abstract

Business plan ini diberi nama GARUD45PORTS Community App atau cukup disebut GARUD45PORTS (dibaca Garuda 45 Sports). Business plan ini mengusung visi menjadikan olahraga lebih menarik, profesional, dan bergengsi dengan dikemas secara digital. Secara ringkas, business plan ini menjalankan misi memberikan berbagai kemudahan dalam menemukan tempat mengembangkan potensi berolahraga, terutama dalam suatu kompetisi dan berbagai kebutuhannya, serta perluasan peluang bagi UMKM dalam pengembangan usaha. Didasari oleh visi dan misi tersebut, maka tujuan business plan ini secara keseluruhan adalah untuk menjadi sebuah wadah yang menjadi pilihan utama bagi setiap individu/tim olahraga untuk berkembang dan bermain, melalui penyelenggaraan berbagai events menarik seperti turnamen dan juga coaching clinic, yang pada akhirnya ikut serta pula dalam pengembangan UMKM. Adapun bentuk business plan yang diusung adalah digital platform atau aplikasi. Dalam artian yang lebih luas, business plan ini mengimplementasikan digitalisasi dalam bentuk games yang bersifat online, yang mampu menghubungkan berbagai aktivitas olahraga dan pertandingan yang bersifat offline. Contact person yang dapat dihubungi adalah Viktor Adrian sebagai pencetus ide beserta dua orang rekan yang bekerjasama untuk membangun bisnis ini. Perkembangan teknologi, terutama digitalisasi hingga saat ini telah memberikan dampak cukup signifikan terhadap hampir seluruh aspek kehidupan. Sayangnya, digitalisasi itu sendiri cenderung membuat masyarakat terlena dengan daya tarik yang ditimbulkan olehnya, dengan contohnya adalah semakin digemarinya online games, yang menyebabkan aktivitas olahraga, dikhawatirkan lama-kelamaan akan semakin ditinggalkan. Selain itu, sifat online games yang cenderung menimbulkan ketergantungan bagi pemainnya yang tentu akan berbahaya untuk jangka panjang. Oleh karena itu, diperlukan suatu stimulus untuk membangkitkan kembali kesadaran akan pentingnya olahraga untuk kesehatan jasmani, di tengah merajalelanya digitalisasi tersebut. Di sisi lain, masyarakat Indonesia sendiri masih memiliki hasrat/keinginan agar Indonesia lebih berprestasi dalam bidang olahraga. Adapun kendala yang ada yakni kesulitan dalam mencari lapangan beserta lawan yang cocok untuk meningkatkan kemampuan olahraga sesuai bidang masing-masing. Apabila ditelusuri lebih dalam, terdapat satu lagi keinginan masyarakat yakni mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terutama yang berkaitan dengan olahraga. Strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan dibangunnya business plan ini, merupakan Marketing Mix Strategy yang disusun menjadi 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Evidence). Ditinjau dari segi product (produk), GARUD45PORTS Community App merupakan sebuah produk startup digital penyedia jasa pertandingan yang berbasis gaming. Ditinjau dari segi price (harga), penentuan harga disesuaikan dengan biaya pemakaian lapangan, panitia, maupun pelatih. Selain itu juga menyesuaikan target pasar yaitu penggemar olahraga dengan rentang usia 17-50 tahun. Ditinjau dari segi place (tempat/lokasi), GARUD45PORTS menggunakan aplikasi online sebagai platform untuk memperkenalkan layanan kepada masyarakat Indonesia. Marketplace yang digunakan adalah Google PlayStore dan AppStore. Bisnis ini juga memiliki gedung kantor utama yang terletak di Surabaya. Kantor utama berfungsi untuk menjalankan segala yang hal yang berkaitan dengan sistem operasional, dan digunakan sebagai pusat customer service. Secara musiman perusahaan akan menyediakan merchandise dari hasil jersey customization untuk dibeli pelanggan. Ditinjau dari segi promotion (promosi), digunakan beberapa cara memasarkan produk, antara lain first use get more, berpartisipasi dalam event ataupun tenant bazaar, menjalankan website dan media sosial serta advertisement, online promotion (giveaway) & endorsement. Ditinjau dari segi people (orang/pihak yang terlibat), GARUD45PORTS sebagai aplikasi memerlukan peranan sumber daya manusia (SDM) untuk menjalankan prosesnya, antara lain divisi Marketing, divisi Operasional dan IT, serta divisi Keuangan dan Accounting. Ditinjau dari segi process (proses), secara garis besar proses bisnisnya terbagi menjadi 2 proses, yakni secara online (melalui aplikasi) dan offline (melalui partisipasi langsung di lapangan untuk bertanding, beserta kantor untuk mendapatkan akses layanan pelanggan dan pembelian merchandise). Ditinjau dari segi physical evidence (bentuk fisik), kantor untuk menjalankan bisnis berlokasi di kawasan Kertajaya Indah Timur, Surabaya, sedangkan semua layanan tersaji dalam bentuk satu aplikasi yang dapat diunduh melalui Google PlayStore dan/atau AppStore secara gratis. Aplikasi didukung oleh sistem operasi iOS maupun Android sehingga mudah digunakan dalam smartphone. Pada aspek keuangan, GARUD45PORTS mempertimbangkan berbagai hal seperti promosi, pengembangan teknologi, sponsor, channels, komisi, dan berbagai faktor pendukung lainnya yang terkait dengan penjualan dan biaya, di mana semua itu diproyeksikan dengan periode perhitungan selama 5 tahun. Hasil perhitungannya memberikan nilai NPV sebesar Rp170.498.942,- dengan IRR sebesar 18,26% di mana payback period-nya adalah 3 tahun 5 bulan. Adapun seluruh hasil perhitungan yang diperoleh memenuhi syarat kelayakan sehingga proyek bisnis ini dapat dikatakan layak untuk dijalankan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Business Plan, Perkembangan Teknologi, Olahraga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: DONA PUSPITA BIANTARI
Date Deposited: 30 Sep 2021 07:12
Last Modified: 30 Sep 2021 07:12
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40450

Actions (login required)

View Item View Item