Analisis Laporan Keuangan dalam Menilai Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas pada PT X

Yolanda, Aulia Dinda (2021) Analisis Laporan Keuangan dalam Menilai Kinerja Keuangan Menggunakan Rasio Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas pada PT X. Working Paper. Politeknik UBAYA.

[thumbnail of LAAKU_488_Abstrak.pdf] PDF
LAAKU_488_Abstrak.pdf

Download (629kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262555

Abstract

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu yang dapat menunjukkan kinerja keuangan suatu entitas sehingga dapat menjadi dasar pertimbangan dalam pembuatan keputusan. Laporan akhir ini membahas topik yang berhubungan dengan analisis Laporan Keuangan. Penulis tertarik mengambil topik ini karena Laporan Keuangan yang dihasilkan dari proses akuntansi dalam suatu siklus akuntansi yang normal tidak banyak memberikan arti sebelum dilakukan analisis terhadap Laporan Keuangan tersebut terutama bagi masyarakat pemakai Lapoarn Keuangan yang awam mengenai akuntansi. PT X adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis retail. PT X telah menyusun Laporan Keuangan tahun 2019 dan 2020. Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi keuangan dari PT X untuk tahun 2019 dan 2020 pada Laporan Akhir ini dilakukan analisis terhadap Lapoaran Keuangan tersebut dengan menggunakan teknik analisis rasio. Analisis rasio yang digunakan dibatas hanya pada Rasio likuiditas yaitu Current Ratio dan Quick Ratio, Rasio solvabilitas yaitu Debt to Assets Ratio dan Debt to Equity Ratio, dan Rasio profitabilitas yaitu Gross Profit Margin, Net Profit Margin, Return On Investment (ROI), dan Return on Equity (ROE). Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi keuangan PT X sedang bermasalah, karena analisis rasio yang dilakukan menunjukkan kondisi likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas PT X yang sangat tidak bagus, khususnya dalam tahun 2020.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Analisis Laporan Keuangan, Analisis Rasio Keuangan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Polytechnic > Diploma in Accounting
Depositing User: DONA PUSPITA BIANTARI
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:34
Last Modified: 14 Oct 2021 06:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40515

Actions (login required)

View Item View Item