Pemanfaatan Information And Communication Technology (ICT) Untuk Menunjang Proses Administrasi Selama Pandemi Covid-19

Sari, Novita (2021) Pemanfaatan Information And Communication Technology (ICT) Untuk Menunjang Proses Administrasi Selama Pandemi Covid-19. Working Paper. Politeknik UBAYA.

[thumbnail of LASEK_184_Abstrak.pdf] PDF
LASEK_184_Abstrak.pdf

Download (50kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262661

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini jauh lebih pesat daripada tahun sebelumnya. Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi memiliki banyak manfaat serta mempermudah suatu pekerjaan terutama selama pandemi Covid-19. Saat pandemi Covid-19 masyarakat diharuskan mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tersebut dapat menghambat dan merubah aktivitas masyarakat khususnya dalam proses pelayanan administrasi. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi selama pandemi sangat berpengaruh dan mempermudah kegiatan. Jika sebelumnya pelayanan administrasi dilakukan secara tatap muka, maka dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi proses pelayanan administrasi dapat dilakukan secara online selama pandemi dengan tujuan proses administrasi tetap berjalan baik tanpa melanggar kebijakan pemerintah dalam upaya mengurangi risiko penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karyawan Tata Usaha Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media penunjang proses kegiatan pelayanan administrasi yang tidak dapat dilakukan secara tatap muka dan teknologi yang dapat dimanfaatkan selama pandemi Covid-19. Namun, dibalik kemudahan pasti terdapat beberapa hambatan selama pelaksanaan. Beberapa hambatan disebabkan karena beberapa karyawan yang kurang menguasai penggunaan teknologi dan keterbatasan sistem yang digunakan. Hambatan tersebut dapat diatasi dengan cara pemberian pelatihan penggunaan teknologi kepada karyawan yang bersangkutan serta sistem yang sudah ada disempurnakan kembali.

Item Type: Monograph (Working Paper)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pelayanan Prima, Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Polytechnic > Diploma in Secretary
Depositing User: DONA PUSPITA BIANTARI
Date Deposited: 13 Oct 2021 01:34
Last Modified: 13 Oct 2021 01:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40544

Actions (login required)

View Item View Item