Implikasi Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Terkait Potensi Dugaan Kejahatan Korporasi: Studi Content Analysis Pada PT Lapindo Brantas Inc.

Wardhani, Waya Muthia and Andono, Fidelis Arastyo (2017) Implikasi Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Terkait Potensi Dugaan Kejahatan Korporasi: Studi Content Analysis Pada PT Lapindo Brantas Inc. Jurnal Akuntansi Bisnis, 10 (1). pp. 54-72. ISSN 1979-360X, E-ISSN 2598-6767

[thumbnail of Fidelis Arastyo_IMPLIKASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN.pdf] PDF
Fidelis Arastyo_IMPLIKASI TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN LINGKUNGAN.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisn...

Abstract

Tindakan manajemen, yang didukung oleh penerapan tata kelola perusahaan, sangat penting dalam pengambilan keputusan untuk tindakan korporasi. Namun dalam banyak kesempatan, manajemen mengambil keputusan untuk mengabaikan lingkungan dan tanggung jawab sosial dan menyisihkan tujuan jangka panjang perusahaan. Pada tanggal 29 Mei 2006 di area pengeboran PT Lapindo Brantas Inc (Lapindo) yang berada di Porong, Sidoarjo, sebuah kejadian di mana salah satu sumur pengeboran melepaskan gas dan lumpur. Hal ini terjadi karena perusahaan tersebut diduga mengelak dari pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan suatu perusahaan, dan kemudian menghubungkan keterlibatan tanggung jawab lingkungan sosial dengan potensi dugaan tindak pidana perusahaan. Dengan menggunakan metode analisis isi, hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan sangat penting untuk diimplementasikan. Selain itu, manajemen sebagai manajer perusahaan harus selalu menjalankan tindakan yang dipandu oleh prinsip-prinsip good governance. Jika prinsip good governance tidak dilaksanakan oleh manajemen, tindakan korporasi apakah disengaja atau tidak, akan lebih rentan dan berpotensi berpotongan dengan corporate crime.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: social and environmental responsibility, corporate crime, the principles of good governance
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Fidelis Arastyo Andono 31133
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:20
Last Modified: 03 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40584

Actions (login required)

View Item View Item