Stabilitas Fisika Dan Kimia Sediaan Gel Dan Tonik Penyubur Rambut Dari Ekstrak Etanol Biji Anggur (Vitis vinifera L.) var. Merah

Aryani, Ni Luh Dewi and Parfati, Nani and Feby, Priskila (2011) Stabilitas Fisika Dan Kimia Sediaan Gel Dan Tonik Penyubur Rambut Dari Ekstrak Etanol Biji Anggur (Vitis vinifera L.) var. Merah. In: Kongres llmiah lkatan Apoteker Indonesia ke XIX, 28-30 Oktober 2011, Manado.

[thumbnail of Stabilitas Fisika Dan Kimia Sediaan Gel Dan Tonik.pdf] PDF
Stabilitas Fisika Dan Kimia Sediaan Gel Dan Tonik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ekstrak biji dari buah anggur berdasarkan beberapa penelitian dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan dan evaluasi stabilitas fisika dan kimia sediaan gel dan tonik penyubur rambut yang mengandung ekstrak etanol biji anggur (Vitis vinifera L.) varietas merah. Pengujian stabilitas dilakukan menggunakan climatic chamber pada suhu 50ºC dan RH 75 % selama 30 hari. Bagian tanaman yang digunakan dalam penelitian adalah biji anggur (Vitis vinifera L.) varietas merah. Serbuk biji anggur diekstraksi secara maserasi kinetik dengan menggunakan pelarut etanol 80%. Parameter stabilitas fisika yang dievaluasi adalah organoleptis, homogenitas, berat jenis, viskositas dan sifat alir sediaan. Parameter stabilitas kimia yang dievaluasi adalah pH sediaan. Hasil penelitian menunjukkan gel dan tonik penyubur rambut tidak stabil secara fisika dan kimia pada suhu 50ºC dan RH 75% selama 30 hari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: Biji anggur; gel rambut; tonik rambut; stabilitas fisika; kimia
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Ni Luh Dewi Aryani 1141
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:32
Last Modified: 03 Nov 2021 05:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40654

Actions (login required)

View Item View Item