Event Marketing dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Tokopedia

Putra, Rayhan Adita (2021) Event Marketing dalam Meningkatkan Jumlah Pengguna Tokopedia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of LAMAR_276_Abstrak.pdf] PDF
LAMAR_276_Abstrak.pdf

Download (215kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/262996

Abstract

Tokopedia merupakan pasar atau mall online terbesar di Indonesia yang memungkinkan individu maupun pemilik usaha di Indonesia untuk membuka toko online secara mudah dan gratis. Bisnis ini banyak digemari karena dengan modal yang kecil dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan besar dan jangkuannya yang luas. Bagi PT. Tokopedia strategi marketing juga diperlukan, salah satunya yaitu event marketing. Selama ini, Tokopedia sudah menarik banyak masyarakat Indonesia untuk menggunakan aplikasi Tokopedia. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa Tokopedia juga mengalami penurunan pengguna maupun pengunjung. Penuruna tersebut kebanyakan disebabkan oleh kurangnya pemahaman pelaku usaha di Tokopedia dalam mengaplikasikan toko mereka. Hal tersebut menyebabkan banyak pelanggan yang beralih ke market place lain. Penulisan ini ditulis oleh penulis bedasarkan dengan metode penelitian berupa pengamatan (observasi) yang dilakukan penulis selama melakukan praktik kerja untuk mengetahui dampak dari event marketing dalam meningkatkan jumlah pengguna Tokopedia. Metode ini digunakan penulis untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi dan untuk menguji kualitas dari strategi yang digunakan. Penurunan jumlah pengguna aplikasi Tokopedia karena kebanyakan pelaku usaha di Tokopedia yang kurang memahami dalam mengaplikasikan toko mereka yang menyebabkan banyak pengguna yang beralih ke market place lain. Hal tersebut menuntut Tokopedia untuk melakukan upaya event marketing yang diharapkan bisa untuk meningkatkan jumlah penggunanya dan dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang menyebabkan pembeli beralih ke market place lain dengan edukasi yang disisipkan pada kegiatan event yang di adakan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:54
Last Modified: 01 Nov 2021 04:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40669

Actions (login required)

View Item View Item