Analisis Penggantian Collator-Drum Dengan Mekanisme Roll Dan Compressor Pada Penyambungan Segmen Filterdual Untuk Mengurangi biaya Produksi (Sebuah Studi Kasus Di PT X)

Utomo, Puspo and Pratiknyo, Yuwono Budi (2003) Analisis Penggantian Collator-Drum Dengan Mekanisme Roll Dan Compressor Pada Penyambungan Segmen Filterdual Untuk Mengurangi biaya Produksi (Sebuah Studi Kasus Di PT X). In: Seminar Nasional World of Automation 2003, 18-19 Desember 2003, Bandung.

[thumbnail of Yuwono Budi Pratiknyo_Analisis Penggantian Collator-Drum.pdf] PDF
Yuwono Budi Pratiknyo_Analisis Penggantian Collator-Drum.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT. X merupakan produsen filter rokok tingkat dunia yang berada di Surabaya. Pabrik filter rokok ini mempunyai produk andalan yang tidak dapat dibuat oleh produsen filter rokok lainnya di dunia yaitu filter-dual. Proses produksi filter dual ini berlangsung secara otomatis menggunakan mesin khusus dengan bahan baku filter yang diproduksi sendiri yaitu filter Non-Wrap Acetate (NWA) dan filter Black-Active Acetate (BM). Proses produksi filter dual ini berlangsung pada kecepatan yang tidak terfalu tinggi (170 mlmenit) jika dibandingkan dengan proses produksi pada filter single rod yang rata-rata kecepatannya 350 m/menit. Proses produksi filter ini dilakukan dengan pemotongan kedua filter bahan baku tersebut pada fluted-drum menjadi segmen-segmen filter dan kemudian menggabungkan potongan segmen keduanya melalui mekanisme pendorongan dengan collator drum. Proses produksi dengan pendorongan collator drum ini berbiaya produksi tinggi, karena untuk setiap jenis segmen yang dikehendaki haruslah digunakan collator drum khusus. Sehingga jika terdapat order dengan ukuran yang berbeda maka diperfukan collator drum tersendiri. Dari pengalaman produksi perusahaan, terdapat bermacam-macam ukuran segmen filter dual yang digunakan sesuai dengan ukuran order yang diberikan oleh konsumen, sehingga perusahaan harus menyediakan sekitar 6 jenis ukuran collator drum. Harga perunit collator drum untuk berbagai ukuran segmen filter adalah sekitar £ 600 dimana collator drum ini memiliki umur teknis sekitar dua tahun. Sehingga biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk pembelian 6 collator drum adalah Rp. 48.600.000, 00 dengan kurs 1 £ = Rp. 13.500, 00. . Untuk mengurangi biaya produksi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, maka difakukan rekayasa pengubahan mekanisme collator drum dengan menggunakan roll dan compressor yang sudah ada di mesin agar dapat mendorong dan menggabungkan potongan kedua segmen supaya sempuma. Dengan melakukan estimasi dan ana/isis harga pada desain baru, diperoleh biaya sekitar Rp. 12.000.000, 00 sebagai pengganti keenam collator drum. Sehingga melalui penggantian mekanisme dorongan collator drum dengan roll dan compressor diharapkan akan dapat mengurangi biaya produksi sebesar Rp. 36.800.000, 00 per dua tahun.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 979-98176-0-9
Uncontrolled Keywords: collator drum, roll-compressor, biaya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 09 Nov 2021 08:26
Last Modified: 09 Nov 2021 08:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40701

Actions (login required)

View Item View Item