Analisis Perubahan Perilaku Konsumen di Supermaket Hero sebagai Dasar Penyusunan Strategi Pemasaran

Fransisca, Fitri Anggraini (1999) Analisis Perubahan Perilaku Konsumen di Supermaket Hero sebagai Dasar Penyusunan Strategi Pemasaran. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232577

Abstract

Supermarket semakin banyak diminati di jaman yang serba praktis dan konsumtif dewasa ini. Masyarakat cenderung lebih memilih sarana supermarket karena berbagai servis yang diberikannya antara lain merupakan tempat yang nyaman dalam berbelanja dan memiliki mutu produk serta harga yang terjamin. Kesempatan ini digunakan oleh para pengusaha pasar swalayan, sehingga banyak bermunculan swalayan-swalayan di berbagai kota dengan sajian pelayanan yang berbeda-beda pula. Hal ini menimbulkan persaingan yang cukup ketat diantara swalayan-swalayan tersebut dalam memperoleh konsumennya masing-masing. Di lain pihak muncul pula keadaan krisis ekonomi yang menjadikan perubahan­ perubahan pola perilaku konsumen dalam berbelanja, sehinggga hal ini menjadi suatu masalah besar terutama pada tingkat daya beli maupun keloyalitasan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuisioner pada salah satu pasar swalayan, yaitu HERO supermarket. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumen di saat sebelum krisis ekonomi berlangsung dan sekarang, sehingga dapat diketahui strategi pemasaranmana yang harus digunakan dalam menarik dan membuat konsumen lebih setia. Untuk mengetahui tujuan penelitian tersebut maka digunakan berbagai analisa yang dapat membantu menyelesaikannya, diantaranya adalah analisa cluster, analisa determinan. Dari hasil pengolahan data dengan analisa cluster didapatkan 2 segmen psikografi yaitu segmen Pusher dan segmen Achiever. Untuk selanjutnya segmen psikografis tersebut akan menjadi dasar penyusunan strategi pemasaran yang juga disesuaikan dengan perilaku belanja mereka pada masa krisis. Dan dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa pada masa krisis ini, perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja di Hero Supermarket dapat disimpulkan hampir tidak berubah pada masa sebelum krisis ekonomi maupun sekarang. Hal ini disebabkan karena konsumen Hero Supermarket termasuk dalam kalangan menengah ke atas sehingga tidak terpengaruh adanya krisis ekonomi pada saat ini. Dengan mengadakan analisa tersebut telah didapatkan strategi untuk tetap menunjang keberadaan Hero Supermarket. Adapun beberapa strategi yang diajukan oleh penulis sebagian merupakan suatu masukan yang dapat dipertimbangkan lebih lanjut.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Sasmito 200051
Date Deposited: 16 Dec 2013 03:59
Last Modified: 16 Dec 2013 03:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4075

Actions (login required)

View Item View Item