Peran Kepribadian dalam Hubungan Prokrastinasi dan Motivasi Akademik: Bukan Sebagai Moderator Melainkan Prediktor

Arghita, Venya Alya and Siaputra, Ide Bagus and Natalya, Lina (2021) Peran Kepribadian dalam Hubungan Prokrastinasi dan Motivasi Akademik: Bukan Sebagai Moderator Melainkan Prediktor. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 10 (1). pp. 1-14. ISSN 2597-6133; p-ISSN 2252-6374

[thumbnail of Ide Bagus Siaputra_Peran Kepribadian.pdf] PDF
Ide Bagus Siaputra_Peran Kepribadian.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://journal.unnes.ac.id/sju/jbk/article/view/4...

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat perbedaan pola hubungan antara prokrastinasi akademik dengan motivasi akademik berdasarkan tingkat tinggi rendahnya tipe kepribadian extraversion dan conscientiousness sebagai grouping variable pada mahasiswa, yang sebelumnya belum pernah diteliti. Partisipan pada penelitian ini adalah 514 mahasiswa yang berkuliah di Surabaya. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling menggunakan angket. Skala yang digunakan adalah BFI-2-S, AMS dan PPS. Analisis yang dilakukan adalah uji fisher dan regresi. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan pola hubungan korelasi antara prokrastinasi akademik dengan motivasi akademik berdasarkan tinggi rendahnya tipe kepribadian extraversion dan conscientiousness dikarenakan nilai z skor tidak melebihi 1,96. Hasil analisis selanjutnya menunjukkan sebagai moderator extraversion dan conscientiousness memiliki sedikit kontribusi pada hubungan antara prokrastinasi akademik dengan motivasi akademik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi akademik, motivasi akademik, extraversion, conscientiousness
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: SIE TJUN DJING - IDE BAGUS SIAPUTRA - 204022
Date Deposited: 06 Dec 2021 06:28
Last Modified: 06 Feb 2024 03:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40799

Actions (login required)

View Item View Item