Pengaruh Service Convenience Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Vendor A

Donnyanggoro, Kristoforus Yosef and Secapramana, Laurentia Verina Halim (2021) Pengaruh Service Convenience Dan Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada Vendor A. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 11 (2). pp. 90-100. ISSN 2623-1719 (Online); 1693-6876 (Print)

[thumbnail of Verina Halim_Pengaruh Service Convenience Dan Service Quality.pdf] PDF
Verina Halim_Pengaruh Service Convenience Dan Service Quality.pdf

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.52643/jam.v11i2.1675

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencaritau apakah pelayanan yang telah disediakan oleh vendor dengan merek A telah mencapai customer satisfaction. Vendor A merupakan vendor premium yang bergerak dalam bidang jasa dokumentasi fotografi, videografi prewedding, Engagement, wedding. Variabel yang digunakan untuk mengukur customer satisfaction dengan menggunakan indikator service convenience dan indikator service quality. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 590 responden yang telah menggunakan jasa dokumentasi vendor A pada tahun 2013-2021. Responden memiliki range usia 18-40 tahun, dengan berbagai macam latar belakang pekerjaan. Teknik pengambilan sample melalui non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Hasil yang telah didapatkan akan dianalisis menggunakan SEM (Structed Equation Modeling) dengan bantuan software SPSS AMOS 24. Dalam penelitihan ini dilakukan pengujian terhadap indikator yang dimiliki oleh service convenience (decision, access, transaction, benefit, post benefit) dan service quality (tangibels, reliability, responsiveness, assurance, empathy) terhadap customer satisfaction. Hasil penelitihan ini menunjukkan bahwa decision memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, access tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, transaction memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, benefit tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, postbenefit memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, tangibels memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, reliability tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, responsiveness tidak memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, assurance memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction, empathy memiliki pengaruh terhadap customer satisfaction. Sehingga disimpulkan terdapat 6 indikator yang diterima dan 4 indikator yang ditolak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kenyamanan Jasa, Kualitas Jasa, Jasa Pernikahan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: kristoforus yosef donnyanggoro
Date Deposited: 06 Jan 2022 02:38
Last Modified: 07 Sep 2022 09:06
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/40875

Actions (login required)

View Item View Item