Universalitas Konsep Khalifah untuk Mengembalikan Nilai Spiritualitas Akuntansi: Meninjau Kembali PSAK 57, GRI Seri 300, dan Filosofi Akuntansi untuk Alam

Islamiyah, Salmah (2021) Universalitas Konsep Khalifah untuk Mengembalikan Nilai Spiritualitas Akuntansi: Meninjau Kembali PSAK 57, GRI Seri 300, dan Filosofi Akuntansi untuk Alam. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MAK_142_Abstrak.pdf] PDF
MAK_142_Abstrak.pdf

Download (65kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/263427

Abstract

Banyaknya fenomena lahan bekas penambangan batu bara yang belum direklamasi menguak fakta bagaimana sisi kelam dari industri pertambangan khususnya dilihat dari sisi lingkungan. Padahal, peraturan pertanggungjawaban pada alam paska tambang (assets retirement obligation) diungkapkan secara implisit pada PSAK 57. Keberlanjutan lingkungan juga menjadi salah satu aspek penting bagi sustainability reporting yang juga diatur pada GRI Seri 300. Disisi lain, akuntansi sebagai bahasa bisnis memiliki peran penting bagaimana suatu bisnis atau industri itu bergerak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan dari data yang didapatkan, penulis menyarankan kesadaran konsep manusia sebagai khalifah dari berbagai pihak untuk mengembalikan value spiritual akuntansi untuk standar akuntansi dan penerapan standar yang lebih bertanggung jawab pada alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Accounting
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2022 06:32
Last Modified: 20 Jan 2022 06:32
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41019

Actions (login required)

View Item View Item