Pelayanan Kesehatan pada Warga Lanjut Usia

Halimsetiono, Elita (2021) Pelayanan Kesehatan pada Warga Lanjut Usia. Keluwih: Jurnal Kesehatan dan Kedokteran, 3 (1). pp. 64-70. ISSN 2715-6419 [LIPI] [PORTAL.ISSN]

[thumbnail of Elita_Pelayanan Kesehatan pada Warga Usia Lanjut_Rev.pdf] PDF
Elita_Pelayanan Kesehatan pada Warga Usia Lanjut_Rev.pdf

Download (956kB)
Official URL / DOI: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/kesdok/artic...

Abstract

One of the impacts of the national developmental success is life expectancy (UHH) that becomes more increasing which results in an increasing number of elderly. To improve the health status and life quality of the elderly, the government should be obliged to provide facilities of health care and facilitate the elderly group so that they can develop properly, to create a productive and independent elderly. In this regard, the government is developing an elderly health center so that health services that are holistic and adequate, as well as emphasizing the proactive, courteous, cross-sectoral collaboration, ease of the process, and appropriateness of service standards, can be obtained by the elderly. Promotive and preventive services can be done through the involvement and active participation of the community in the form of elderly posyandu that comes from the puskesmas or arises from the aspirations of the community itself. With adequate health services for the elderly, it is expected that improvements in the health status and quality of life of the elderly can be achieved, so that the elderly have an efficient and happy old age following their existence, in their lives together with family and community. Salah satu dampak dari kesuksesan pembangunan nasional adalah Usia Harapan Hidup (UHH) yang makin meningkat yang berakibat pada jumlah lansia yang makin meningkat pula. Demi tercapainya peningkatan status kesehatan dan kualitas hidup lansia, maka seyogyanyalah pemerintah berkewajiban menyediakan sarana pelayanan kesehatan serta melakukan fasilitasi pada kelompok lansia agar dapat berkembang dengan baik, sehingga dapat tercipta lansia yang mandiri dan produktif. Sehubungan hal tersebut, maka pemerintah mengembangkan puskesmas lansia agar pelayanan kesehatan yang sifatnya holistik dan memadai, serta menekankan pada unsur proaktif, santun, kerjasama lintas sektor, kemudahan proses dan kesesuaian standar pelayanan, dapat diperoleh para lansia. Pelayanan promotif maupun preventif dapat dilakukan melalui keterlibatan dan partisipasi aktif masyarakat berupa posyandu lansia yang berasal dari puskesmas atau timbul dari aspirasi masyarakat itu sendiri. Dengan adanya pelayanan kesehatan yang memadai bagi para lansia, diharapkan peningkatan status kesehatan dan kualitas hidup lansia dapat tercapai, sehingga lansia memiliki hari tua yang berdaya guna dan juga bahagia sesuai dengan keberadaannya, dalam kehidupannya bersama dengan keluarga dan masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: lansia, masyarakat, pelayanan kesehatan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medical
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:44
Last Modified: 06 Apr 2023 03:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41073

Actions (login required)

View Item View Item