Efektivitas Pelatihan Empati Untuk Meningkatkan Perilaku Anti-Bullying Pada Siswa SMPN X Surabaya

Bimantoko, Iqbal and Hawadini, Lembana and Hartanti, Hartanti (2020) Efektivitas Pelatihan Empati Untuk Meningkatkan Perilaku Anti-Bullying Pada Siswa SMPN X Surabaya. RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5 (2). pp. 132-140. ISSN 2541-206X (online); 2527-4244 (cetak)

[thumbnail of EFEKTIVITAS PELATIHAN EMPATI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ANTI-BULLYING PADA SISWA SMPN X SURABAYA.pdf] PDF
EFEKTIVITAS PELATIHAN EMPATI UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ANTI-BULLYING PADA SISWA SMPN X SURABAYA.pdf

Download (49kB)
Official URL / DOI: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa SMP melalui pelatihan empati. Aspek dari pelatihan empati ini adalah perspektif untuk mengambil, fantasi, keprihatinan empatik, dan tekanan pribadi. Materi disampaikan dengan menggunakan perkuliahan, audio visual, tugas,, diskusi, Permainan, dan refleksi. Para peserta penelitian adalah 27 siswa kelas 7 dari SMP Negeri "X " di Surabaya. Desain penelitian yang digunakan adalah satu kelompok Pretest-posttest. Pengukuran yang terkait dengan efektivitas pelatihan menggunakan 11 item pertanyaan terbuka. Analisis data kuantitatif menunjukkan perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah pelatihan diberikan. Tes regresi menunjukkan bahwa pelatihan empati mempengaruhi peningkatan perilaku Anti-bullying. Hal ini menunjukkan bahwa dalam kajian ini dapat meningkatkan perilaku Anti-bullying di SMP Negeri "X " mahasiswa di Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: anti-bullying, pelatihan empati, SMPN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Iqbal Bimantoko
Date Deposited: 28 Jan 2022 09:28
Last Modified: 28 Jan 2022 09:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41077

Actions (login required)

View Item View Item