Implementasi Metode Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pengukuran Kinerja Divisi Marketing PT Z

Rianto, Stefanus and Wijaya, Liliana Inggrit (2021) Implementasi Metode Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Pengukuran Kinerja Divisi Marketing PT Z. Ekonomi dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, dan Terapan, 25 (2). pp. 72-80. ISSN 410-9204, E-ISSN: 2655-8858

[thumbnail of Liliana Inggrit_IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI.pdf] PDF
Liliana Inggrit_IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Artikel_LOA_Stefanus Rianto.pdf] PDF
Artikel_LOA_Stefanus Rianto.pdf - Accepted Version

Download (268kB)
Official URL / DOI: https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jeb/article/...

Abstract

Perkembangan suatu organisasi bisnis dipengaruhi oleh produktivitas karyawannya sebagai aset yang membantu mencapai tujuan organisasi dengan melakukan proses bisnis. Setiap waktu organisasi akan selalu dibutuhkan perubahan demi mengikuti kondisi lingkungan eksternal yang ada. Pada situasi tertentu kinerja karyawan memungkinkan terjadi penurunan akibat banyak hal seperti lingkungan kerja yang kurang kondusif, banyak tekanan hingga pekerjaan yang monoton dan berulang hingga menimbulkan kejenuhan. Kualitas sumber daya manusia terbentuk berdasarkan kemampuan sistem yang dijalankan dalam perusahaan untuk mampu memotivasi supaya sumber daya manusia tersebut dapat memberikan performa terbaiknya bagi organisasi. Untuk memberikan motivasi tersebut beberapa perusahaan menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan metode gamifikasi. Metode gamifikasi yang dikemas menggunakan elemen permainan yang dirancang oleh perushaaan menyesuaikan dengan bidang usaha perusahaan, jobdesk karyawan yang ada, kondisi karyawan, dan faktor-faktor internal perusahaan lainnya sehingga sesuai dengan kebutuhan dari setiap divisi dari satu perusahaan tersebut. Metode ini diyakini mampu membantu meningkatkan motivasi kerja karyawan dan mempermudah proses penilaian kinerja karyawan yang lebih objektif dalam suatu perusahaan. Kata kunci: gamifikasi, pengukuran kinerja, produktivitas, teknologi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gamifikasi, pengukuran kinerja, produktivitas, teknologi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: STEFANUS RIANTO
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:44
Last Modified: 23 Aug 2022 05:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41139

Actions (login required)

View Item View Item