Penegakan Hukum Terhadap Pt. X yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Sungai Cibeet (ditinjau dari Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup)

Yuwono, Jonathan (2022) Penegakan Hukum Terhadap Pt. X yang Melakukan Pencemaran Lingkungan Sungai Cibeet (ditinjau dari Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AN_788_Abstrak.pdf] PDF
AN_788_Abstrak.pdf

Download (224kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/263750

Abstract

Lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hal yang penting manusia dan negara yang harus dipenuhi tetapi pada faktanya, kedua hal ini sangat sulit berjalan bersamaan secara optimal, hal ini disebabkan oleh pemenuhan hak atas lingkungan terhambat oleh aktivitas industri yang tidak bertanggung jawab dengan membuang limbah sembarangan. Pencemaran lingkungan terjadi pada kasus pembuangan limbah kertas PT X yang mengakibatkan pencemaran pada sungai Cibeet di desa Taman Mekar. PT X masih melakukan kegaitan perusahaannya yang berdampak pada pencemaran lingkungan, meski telah diperingatkan oleh pemerintah. PT X tidak menghiarukan peringatan dari pemerintah tersebut dan tetap terus melakukan kegiatan perusahaan. Tipe penelitian yang digunakan yaitu yuridis normative (normative law research). Pembahasan tindakan PT X yang membuang limbah yang telah diperingati oleh pemerintah dapat dikenakan sanksi administratif yang lebih lanjut yaitu paksaan pemerintah sesuai dengan Pasal 80 UU Lingkungan Hidup, selain itu PT X bertanggung jawab atas kerugian-kerugian atas pencemaran lingkungan yang dapat dimintakan ganti kerugiannya dengan nominal yang ditentukan oleh hakim maupun dengan kesepakatan kedua belah pihak. Apabila PT X tetap tidak mematuhi sanski administratif maka dapat dikenakan sanksi pidana. Penerapan sanksi yang tegas dari pemerintah diperlukan agar PT X selaku pelaku usaha mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Pencemaran lingkungan, Sungai
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:00
Last Modified: 16 Feb 2022 04:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41314

Actions (login required)

View Item View Item