Profil Tanggapan Konsumen terhadap Mutu Pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat Serta Profil Peranan Apoteker di Apotik Kimia Farma Kotamadya Surabaya

Tjie, Siong Liong (2002) Profil Tanggapan Konsumen terhadap Mutu Pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Obat Serta Profil Peranan Apoteker di Apotik Kimia Farma Kotamadya Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150534

Abstract

Pada saat ini sejalan dengan makin meningkatnya pendidikan dan keadaan sosial ekonomi masyarakat, maka kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan kesehatan tampak makin meningkat pula. Untuk dapat memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut, tidak ada upaya lain yang dapat dilakukan, kecuali menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang bermutu. Telah dilakukan penelitian tentang Profil Tanggapan konsumen terhadap motu pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KlE) Obat Serta Profil Apoteker di Apotek Kimia Farma Kodya Surabaya yang melibatkan 120 responden konsumen dan 71 responden asisten apoteker. Penelitian dilakukan di 8 apotek Kimia Farma yang ada di Surabaya. Data diolah secara kualitatif dengan cara mendeskripsikan jawabanjawaban responden ke dalam tabel dan gambar. Berdasarkan hasil tanggapan responden terbadap mutu pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat di apotek Kimia Farma Kodya Surabaya, dari 120 responden yang diberi kuesioner dan hanya 45 responden yang mendapatkan informasi pada waktu membeli obat, dapat disimpulkan babwa mutu pelayanan Komunikasi, lnformasi dan Edukasi (KIE) obat oleh petugas apotek kurang optimal. Tetapi, hasil tanggapan dari 45 responden yang diberi informasi pada waktu membeli obat, sebagian besar berpendapat babwa pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat oleh petugas apotek dapat diterima. Dari 71 kuesioner yang diberikan kepada asisten apoteker, hasilnya menunjukkan bahwa peranan Apoteker Pengelola Apotek (APA) dalam melakukan pelayanan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) obat kepada konsumen kurang optimal karena Apoteker Pengelola Apotek (APA) belum seluruhnya menjalankan fungsinya sebagai orang yang berprofesi dan profesional di bidang obat.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 01 Aug 2013 02:52
Last Modified: 01 Aug 2013 02:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item View Item