-, Kevin (2022) Pengaruh Environmental Concern, Descriptive Norm, Service Satisfaction Terhadap Behavioral Intention Penumpang Suroboyo Bus di Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
M_6710_Abstrak.pdf Download (125kB) |
Abstract
Moda transportasi yang paling sering digunakan di tanah air adalah transportasi darat. Salah satu sarana transportasi darat yang paling umum merupakan layanan bus yang menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berpergian baik dalam kota maupun luar kota. Pemilihan obyek Suroboyo Bus karena menjadi bus pertama di Indonesia yang menggunakan metode pembayaran sampah plastik bekas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, norma pribadi, norma deskriptif, kepuasan layanan terhadap niat berperilaku pengumpang Suroboyo Bus di Surabaya. Niat perilaku penumpang dapat muncul melalui empat variabel yang dapat mempengaruhinya, yaitu norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, norma deskriptif, kepuasan layanan. Peneliti ini mengamati responden yang pernah melakukan perjalanan dengan Suroboyo Bus dalam waktu 1 tahun terakhir, berdomisili di Surabaya, berusia 18 tahun ke atas. Responden dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang terdiri dari 46 responden berjenis kelamin laki-laki dan 104 responden berjenis kelamin perempuan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), yang diolah dengan menggunakan software SPSS versi 24.0 for Windows serta AMOS versi 26.0 for windows untuk pengujian Model Pengukuran dan Model Struktural. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa pengaruh negatif dari sikap penumpang Suroboyo Bus terhadap niat berperilaku penumpang Suroboyo Bus. Sedangkan norma subjektif dari penumpang Suroboyo Bus memberikan dampak positif terhadap niat perilaku penumpang. Kontrol perilaku yang dirasakan oleh penumpang memberikan dampak positif terhadap niat perilaku penumpang Suroboyo Bus. Norma deskriptif penumpang Suroboyo Bus juga memberikan dampak positif terhadap niat perilaku penumpang. Dan untuk kepuasan layanan yang dirasakan oleh penumpang Suroboyo Bus berdampak positif bagi niat perilaku penumpang Suroboyo Bus.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepedulian lingkungan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 02:23 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 02:23 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41472 |
Actions (login required)
View Item |