Pengaruh Konseling Dengan Leaflet Oleh Apoteker Terhadap Tingkat Pengetahuan, Kepatuhan Dan Kadar Gula Darah Pasien Dm Tipe 2 Di Puskesmas Krembung Kabupaten Sidoarjo

Febiyanti, Dyah Ayu and Setiadi, Antonius Adji Prayitno and Wibowo, Yosi Irawati (2022) Pengaruh Konseling Dengan Leaflet Oleh Apoteker Terhadap Tingkat Pengetahuan, Kepatuhan Dan Kadar Gula Darah Pasien Dm Tipe 2 Di Puskesmas Krembung Kabupaten Sidoarjo. Journal Of Pharmaceutical-Care Anwar Medika, 4 (2). ISSN E 2684-7361; P-ISSN:2654-8364 (Submitted)

[thumbnail of PENGARUH KONSELING DENGAN LEAFLET OLEH APOTEKER TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN,KEPATUHAN DAN KADAR GULA DARAH PASIEN DM TIPE 2 DI PUSKESMAS KREMBUNG KAB. SIDOARJO] PDF (PENGARUH KONSELING DENGAN LEAFLET OLEH APOTEKER TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN,KEPATUHAN DAN KADAR GULA DARAH PASIEN DM TIPE 2 DI PUSKESMAS KREMBUNG KAB. SIDOARJO)
LoA + Jurnal Dyah Ayu Febiyanti (114117003).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (650kB)
Official URL / DOI: http://jurnal.stikesrsanwarmedika.ac.id/index.php/...

Abstract

Latar Belakang : Tingginya jumlah pasien diabetes mellitus di Indonesia yang diikuti dengan rendahnya tingkat pengetahuan dan kepatuhan berobat menyebabkan jumlah kasus komplikasi akibat kadar gula darah yang tinggi terutama di Puskesmas meningkat. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimental, dengan rancangan penelitian one group pretest posttest sebelum dan sesudah pemberian konseling dengan media leaflet oleh apoteker di Puskesmas Krembung Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah sampel 34 subyek. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner sosiodemografi, kuesioner Diabetes Knowledge Questionnaire (DKQ-24) dan kuesioner Modified Morisky Medication Adherence Scale (MMAS) yang dimodifikasi. Hasil dan analisis : Hasil uji statistik Chi square pada tingkat pengetahuan dan kepatuhan, menunjukkan terdapat pengaruh pada peningkatan pengetahuan dengan nilai p-value 0.001, dan peningkatan kepatuhan minum obat dengan nilai p-value0.006, hasil uji statistik T-test juga menunjukkan terdapat pengaruh pada penurunan nilai GDP pre dan post dengan nilai p-value 0.002, dan nilai HbA1c pre dan post memiliki nilai p-value 0.001. Diskusi : Pasien mengalami peningkatan kepatuhan setelah mendapatkan konseling dengan leaflet dari 67,7% menjadi 73,5% yang signifikan secara statistik selain itu juga diikuti peningkatan pengetahuan yang menyebabkan pasien semakin patuh minum obat sehingga didapatkan penurunan nilai mean GDP pre 183,32 menjadi GDP post 148,23 secara signifikan dan penurunan nilai HbA1c secara signifikan dari 8,45 menjadi 7,03. Kesimpulan : Edukasi Konseling dengan leaflet oleh apoteker berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan, kepatuhan penggunaan obat serta menurunkan kadar gula darah (GDP & HbA1c) pasien DM tipe 2 di Puskesmas Krembung Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, konseling ,leaflet, kadar gula darah, HbA1c
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Clinical Pharmacy
Depositing User: Dyah Ayu Febiyanti, S.Farm., Apt
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:42
Last Modified: 09 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41490

Actions (login required)

View Item View Item