Hubungan Spiritual Intelegence dengan Psychological Well-being pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

Shahbana, Farah Nabila (2022) Hubungan Spiritual Intelegence dengan Psychological Well-being pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of KS_ED_573_Abstrak.pdf] PDF
KS_ED_573_Abstrak.pdf

Download (382kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/264107

Abstract

penyebaran wabah COVID-19, namun masih banyak mahasiswa mengalami hambatan-hambatan hingga berdampak pada psychological well-being mereka. Spiritual intelligence merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi psychological well-being. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan positif antara spiritual intelligence dengan psychological well-being terutama pada mahasiswa S1 yang sedang menjalani pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Desain penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data accidental sampling (N=150) dan analisis data menggunakan statistik nonparametrik Spearman. Alat ukur yang digunakan adalah Ryff’s Psychological Well-Being Scale (α Cronbach=0,746) dan King’s Spiritual Intelligence Self-Report Inventory (α Cronbach=0,810). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara spiritual intelligence dengan psychological well-being (r=0,504dan p=0,001) artinya semakin tinggi spiritual intelligence maka semakin tinggi pula psychological well-being pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19. Spiritual intelligence memiliki peran pada psychological well-being mahasiswa untuk membantu mereka memenuhi fungsi psikologi positif selama masa pandemi. Adapun hasil lainnya menunjukkan tingkat spiritual intelligence dan psychological well-being partisipan cenderung sedang ke tinggi, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 25,41%, aspek spiritual intelligence yang memiliki nilai korelasi terbesar dengan psychological well-being adalah transcendental consciousness (r=0,433 dan p=0,001), serta variabel jenis kelamin, semester, dan upaya dalam menghadapi dampak psikologis pembelajaran daring memiliki asosiasi yang signifikan dengan psychological well-being (p<0,05).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Psychological well-being, spiritual intelligence, mahasiswa, pembelajaran daring, pandemi COVID-19
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: KRISTINA
Date Deposited: 09 Mar 2022 09:26
Last Modified: 09 Mar 2022 09:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41506

Actions (login required)

View Item View Item