Integrasi Structural Equation Modeling, Markov Chain, dan Theory For Inventive Problem Solving dalam Pengelolaan Peningkatan Loyalitas Nasabah di Koperasi Bina Mitra Sejahtera Probolinggo, Jawa Timur

Sugianto, Charles (2022) Integrasi Structural Equation Modeling, Markov Chain, dan Theory For Inventive Problem Solving dalam Pengelolaan Peningkatan Loyalitas Nasabah di Koperasi Bina Mitra Sejahtera Probolinggo, Jawa Timur. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4505_Abstrak.pdf] PDF
TM_4505_Abstrak.pdf

Download (119kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/264133

Abstract

Koperasi adalah lembaga pelayanan publik yang membangun dan meningkatkan potensi ekonomi bagi para anggotanya dan masyarakat secara umum guna mencapai kesejahteraan sosial. Oleh karena itu, sebagai institusi pelayanan, koperasi dituntut untuk mengelola loyalitas nasabah secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Loyalitas nasabah merupakan salah satu hal yang penting untuk mengembangkan usaha Koperasi Bina Mitra Sejahtera Probolinggo. Ketika koperasi memberikan kualitas pelayanan yang baik, maka nasabah akan menjadi lebih setia. Loyalitas nasabah dapat tercermin melalui tindakan nasabah dalam memprioritaskan suatu brand tertentu dari pada brand kompetitor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kausalitas kualitas layanan, kepuasan nasabah, dan loyalitas nasabah Koperasi Bina Mitra Sejahtera Probolinggo, sehingga dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software SMARTPLS 3.0, Markov Chain, dan Theory For Inventive Problem Solving. Metode pengumpulan data SEM dan Markov Chain menggunakan survei kuesioner, sedangkan metode Theory For Inventive Problem Solving (TRIZ) menggunakan, 5 Whys Analysis untuk mencari akar masalah setiap indikator yang memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah, wawancara, dan benchmarking dengan kompetitor, sehingga ide konsep usulan perbaikan yang dirancang dapat mengatasi akar masalah dan sesuai dengan kondisi lapangan. Hasil penelitian analisis SEM mampu menunjukkan bahwa kualitas layanan mempengaruhi kepuasan nasabah sebesar 67,5 arah positif dan terhadap loyalitas nasabah sebesar 51,9 arah positif. Dengan kata lain, variabel kualitas layanan menjadi variabel yang me.miliki pengaruh terhadap variabel loyalitas nasabah. Selain itu, model SEM dari penelitian menunjukan performa 75,4, dan telah sesuai dengan sistematika SEM. Analisis selanjutnya adalah Markov Chain, menunjukkan penurunan pangsa pasar koperasi sebesar 8,837 dalam 10 bulan berikutnya, hal tersebut menjadi peringatan untuk segera melakukan perbaikan kualitas layanan untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Selanjutnya, analisis Theory For Inventive Problem Solving dengan hasil 6 ide konsep usulan perbaikan sesuai bobot outer loading (tingkat kepentingan) untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas nasabah Koperasi Bina Mitra Sejahtera Probolinggo, yaitu dengan membuat media sosial dan tim, menyediakan nomor hotline, melakukan penawaran program koperasi setiap bulan, penambahan aplikasi koperasi, menyediakan meja self service, dan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 10 Mar 2022 04:09
Last Modified: 10 Mar 2022 04:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41509

Actions (login required)

View Item View Item