Perancangan Aplikasi Contact Tracing Covid-19 Berdasarkan Aspek User Experience Menggunakan Metode Design Thinking.

Pamelia, Yunita (2022) Perancangan Aplikasi Contact Tracing Covid-19 Berdasarkan Aspek User Experience Menggunakan Metode Design Thinking. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4509_Abstrak.pdf] PDF
TM_4509_Abstrak.pdf

Download (60kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/264221

Abstract

Di Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19, pemerintah telah melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 salah satunya dengan contact tracing untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Namun berdasarkan wawancara petugas, proses tersebut masih tergolong lambat dan terjadi penundaan dalam identifikasi kontak, selain itu untuk proses pemantauan yang dilakukan saat ini juga masih belum efektif dan masih kurang sehingga terjadi tingginya angka kematian karena keterlambatan penanganan. Maka dari itu agar mempercepat data yang masuk dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk melakukan pelaporan mandiri yang berbasis aplikasi dan bisa terhubung ke database gugus tugas dan juga untuk memudahkan pemantauan, pasien isolasi mandiri dan suspect Covid-19 juga bisa melaporkan keadaannya secara mandiri sebagai bentuk pemantauan yang juga terhubung ke database gugus tugas. Dalam aplikasi, desain merupakan hal yang penting yaitu yang harus memiliki user experience yang baik agar user dapat menggunakan aplikasi dengan mudah. Aplikasi yang baik juga sesuai dengan kebutuhan user, selain itu juga sederhana dan memiliki estetika untuk memberikan pengalaman terbaik untuk user. Untuk mewujudkannya digunakanlah metode design thinking untuk perancangan desain aplikasi ini, karena desain yang dibuat berfokus pada pengguna. Metode ini memiliki 5 tahapan pertama adalah empathize yaitu proses untuk memahami kebutuhan user dengan melakukan observasi, wawancara, dan untuk merubah hasil wawancara itu menjadi empathy map agar mudah dipahami. Kedua adalah define yaitu proses untuk mengetahui masalah yang dihadapi user dan kebutuhannya yaitu dengan menggunakan personas dan user journey maps. Selanjutnya adalah ideate yaitu untuk menemukan ide solusi rancangan desain aplikasi dari kebutuhan user yaitu dengan membuat user flow dan wireframe. Tahap selanjutnya yaitu prototype merupakan tahap untuk memvisualisasikan ide dari tahap sebelumnya yang memiliki interaksi antara user dan desain, proses ini menggunakan aplikasi desain berbasis vektor Figma. Dan tahap terakhir adalah test yaitu untuk mengevaluasi desain aplikasi yang telah dirancang menggunakan usability testing dibantu software website Maze Design.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:55
Last Modified: 15 Mar 2022 03:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41547

Actions (login required)

View Item View Item