Peran Moderasi Self-compassion: Hubungan Perceived Stress dan Academic Burnout Selama Pembelajaran Daring pada Mahasiswa

Paramadina, Salsabilah (2022) Peran Moderasi Self-compassion: Hubungan Perceived Stress dan Academic Burnout Selama Pembelajaran Daring pada Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of KS_K_980_Abstrak.pdf] PDF
KS_K_980_Abstrak.pdf

Download (565kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/264562

Abstract

Fleksibilitas pembelajaran daring dapat menimbulkan berbagai gangguan dan tuntutanyang menghambat proses pembelajaran mahasiswa. Salah satu tuntutan yang palingdikeluhkan mahasiswa dalam pembelajaran daring adalah beban tugas berlebih. MahasiswaPsikologi UBAYA tidak hanya memiliki tuntutan tugas akademik, melainkan jugamemiliki tuntutan tambahan sebagai syarat kelulusan. Segala kendala dan tuntutanmembuat mahasiswa merasa stres berkepanjangan selama pandemi yang berisiko menjadiacademic burnout. Academic burnout dipengaruhi oleh perceived stress mahasiswaterhadap situasi pembelajaran daring. Self-compassion diprediksi memoderasi hubunganperceived stress dan academic burnout selama pembelajaran daring. Penelitian inimerupakan kuantitatif survei yang menguji keberfungsian moderasi self-compassion dalamhubungan antara perceived stress dengan academic burnout. Sampel penelitian terdiri dari265 mahasiswa Fakultas Psikologi UBAYA yang diambil dengan accidental samplingsecara online. Pengujian keberfungsian moderator menggunakan uji regresi berjenjang.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa self-compassion tidak berfungsi sebagaimoderator hubungan perceived stress dengan academic burnout. Dikarenakan tuntutanakademik mahasiswa lebih menekankan pada kognitif yang berorientasi pada masalah.Self-compassion sebagai strategi koping emosi kurang bermanfaat mengatasi masalahtuntutan akademik mahasiswa yang masih dapat diselesaikan secara efektif menggunakanstrategi koping masalah. Dengan demikian, mahasiswa harus bersikap proaktif mencarisolusi permasalahan agar dapat mengatasi permasalahan dengan baik.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Academic burnout, pembelajaran daring, perceived stress, self-compassion
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: KRISTINA
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:18
Last Modified: 04 Apr 2022 03:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41679

Actions (login required)

View Item View Item