Studi Perilaku Keuangan: Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa Tentang Perencanaan Keuangan Mahasiswa Di Surabaya

Lukmanto, Randi and Wijaya, Liliana Inggrit (2014) Studi Perilaku Keuangan: Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa Tentang Perencanaan Keuangan Mahasiswa Di Surabaya. In: Konferensi Nasional Riset Manajemen VIII "Inovasi Berbasis Kearifan Lokal", 10-12 Oktober 2014, Denpasar.

[thumbnail of Liliana Inggrit Wijaya_Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa Tentang Perencanaan Keuangan Mahaswa_Randi, Liliana Inggrit.pdf] PDF
Liliana Inggrit Wijaya_Studi Deskriptif Persepsi Mahasiswa Tentang Perencanaan Keuangan Mahaswa_Randi, Liliana Inggrit.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang perencanaan keuangan mahasiswa di Surabaya. Topik ini sangat menarik dikarenakan masih jarangnya penelitian di bidang Manajemen Keuangan yang mengeksplor masalah financial planning. Hampir semua riset di bidang Manajemen Keuangan lebih banyak mengeksplor tentang pasar modal dan keuangan Korporat, sementara untuk bidang kajian keuangan personal masih sangat terbatas. Oleh karena itu penelitian perencanaan keuangan menurut persepsi mahasiswa dipilih untuk diteliti dalam relevansinya dengan bidang keilmuan keuangan personal (Personel Finance) dalam lingkup Behavioral Finance. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan distribusi frekuensi, diagram histogram, dan tabulasi silang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simpel random sampling. Data diperoleh secara langsung dari responden yang memenuhi karakteristik populasi yang ditentukan dengan menyebarkan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 251 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya persepsi yang berbeda diantara mahasiswa S-1 tentang perencanaan keuangan. Terkait dengan peminatan perkuliahaan memiliki persepsi yang sama, perbedaan agama didalam perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama, kepentingan didalam melakukan perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama, bantuan dan saran di dalam melakukan perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama, dan tekait dengan lingkungan internal dan eksternal di dalam perencanaan keuangan memiliki persepsi yang sama.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Perencanaan Keuangan, Peminatan, Perkuliahaan, Lingkungan Internal dan Eksternal.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:44
Last Modified: 11 Apr 2022 02:44
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41722

Actions (login required)

View Item View Item