Peran Work Engagement sebagai Mediator dalam Hubungan antara Psychological Capital dengan Innovative Work Behavior pada Pegawai di PT. X

Putra, Agustinus Chrissang Maha (2022) Peran Work Engagement sebagai Mediator dalam Hubungan antara Psychological Capital dengan Innovative Work Behavior pada Pegawai di PT. X. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of KT_MPSI_606_Abstrak.pdf] PDF
KT_MPSI_606_Abstrak.pdf

Download (370kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/264881

Abstract

Inovasi yang dilakukan oleh pegawai menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk menciptakan lingkungan dan fungsi organisasi menjadi lebih baik. Inovasi di tempat kerja sering dikenal dengan istilah innovative work behavior. Innovative work behavior dapat dipengaruhi oleh faktor internal seperti psychological capital dan work engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan dinamika peran work engagement sebagai mediator dalam hubungan psychological capital dengan innovative work behavior di PT. X. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 102 pegawai dan data yang didapatkan dianalisis dengan metode path analysis. Penelitian ini menggunakan alat ukur Utrecht Work Engagement Scale-17 (UWES-17), Psychological Capital Questionnaire (PCQ-24), dan innovative work behavior scale. Hasil penelitian yang didapatkan adalah work engagement tidak berperan sebagai mediator dalam hubungan antara psychological capital dengan innovative work behavior (IE = -0,406, Z = 0,868, p = 0,385, p #8805 0,05). Psychological capital dapat berhubungan secara langsung dengan Innovative work behavior (p = 0,01, p #8804 0,05). Pegawai dengan psychological capital yang tinggi dapat memunculkan sebuah ide atau gagasan baru, lalu mempromosikan idenya ke rekan kerja atau atasan sebagai, dan menerapkan idenya di tempat kerjanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Innovative Work Behavior, Work Engagement, Psychological Capital
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: KRISTINA
Date Deposited: 14 Apr 2022 07:45
Last Modified: 14 Apr 2022 07:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41769

Actions (login required)

View Item View Item