Narsisisme dan Harga Diri Perempuan Generasi Z terhadap Pembelian Kompulsif

Walenta, Wingga and Elgeka, Honey Wahyuni Sugiharto and Tjahjoanggoro, A.J. (2022) Narsisisme dan Harga Diri Perempuan Generasi Z terhadap Pembelian Kompulsif. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 8 (1). pp. 18-35. ISSN 2407-7798

[thumbnail of Honey Wahyuni_Narsisisme dan Harga Diri Perempuan Generasi Z_Fix.pdf] PDF
Honey Wahyuni_Narsisisme dan Harga Diri Perempuan Generasi Z_Fix.pdf

Download (444kB)
Official URL / DOI: https://jurnal.ugm.ac.id/gamajop/article/view/6662...

Abstract

Fenomena pembelian kompulsif yang terjadi di berbagai negara terus meningkat setiap saat, khususnya terjadi pada perempuan generasi Z. Tuntunan untuk pemenuhan tren membuat perempuan generasi Z memiliki dorongan untuk membeli fashion secara berlebihan hingga kehilangan kendali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara narsisisme, harga diri, dan pembelian kompulsif pada perempuan generasi Z. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan accidental sampling sejumlah 173 partisipan. Digunakan tiga instrumen pengukuran pada penelitian ini, yaitu: Compulsive Buying Scale, Narcissism Personal Inventory (NPI-16), dan Self-esteem Scale. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui adanya hubungan antara narsisisme dan harga diri terhadap perilaku kompulsif (F = 23,041, p<0,01). Kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, kekaguman, ataupun penilaian positif dari orang lain akan membuat perempuan generasi Z melakukan pembelian kompulsif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: harga diri; narsisisme; pembelian kompulsif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 24 May 2022 02:58
Last Modified: 24 May 2022 02:58
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41890

Actions (login required)

View Item View Item