Recommendation System for Collegian Student's Weekly Course Schedule

Limanto, Susana and Arwoko, Heru and Juwono, Jason Austin (2022) Recommendation System for Collegian Student's Weekly Course Schedule. Jurnal Komputer Terapan, 8 (1). pp. 24-35. ISSN 2460-5255 (Online); 2443-4159 (Print)

[thumbnail of FINAL - JKT 8(1) Lengkap.pdf] PDF
FINAL - JKT 8(1) Lengkap.pdf

Download (3MB)
Official URL / DOI: https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/vie...

Abstract

Selama ini, penelitian terkait dengan penjawalan mata kuliah hanya dilakukan dengan mempertimbangkan sisi institusi. Namun, biasanya mahasiswa memiliki pertimbangan lain, seperti kegiatan rutin di luar kuliah, waktu perkuliahan, hari libur kuliah, dan jeda waktu tunggu antar mata kuliah. Kondisi ini tidak pernah dipertimbangkan dalam penelitian yang ada. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem rekomendasi dengan menggunakan gabungan antara metode Depth First Search dan Simple Multi Attribute Ranking Technique. Metode Depth First Search digunakan untuk mencari semua kemungkinan alternatif jadwal. Semua alternatif jadwal yang didapatkan akan digunakan untuk menentukan jadwal yang paling sesuai dengan preferensi mahasiswa menggunakan metode Simple Multi Attribute Ranking Technique. Kinerja dari sistem dievaluasi melalui simulasi untuk mendapatkan rekomendasi jadwal mata kuliah bagi 28 mahasiswa. Hasil simulasi kemudian dibandingkan dengan jadwal ideal yang diinginkan oleh mahasiswa dan jadwal mata kuliah yang riil dijalani mahasiswa. Akurasi dari jadwal yang direkomendasikan terhadap jadwal ideal yang diinginkan mahasiswa mencapai 70,8% dengan rata-rata waktu untuk menghasilkan jadwal yang direkomendasikan adalah 1,05 detik. Akurasi jadwal yang direkomendasikan meningkat menjadi sekitar 91% jika dibandingkan dengan jadwal mata kuliah yang riil dijalani oleh mahasiswa yang bersangkutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan dapat membantu merekomendasikan jadwal kuliah mingguan mahasiswa secara riil.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sistem rekomendasi, penjadwalan mata kuliah, preferensi mahasiswa, depth first search, simple multi attribute ranking technique
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Susana 6169
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:30
Last Modified: 06 Apr 2023 07:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41936

Actions (login required)

View Item View Item