Perbaikan Kualitas Layanan di Hotel Kubu Bali dengan Pendekatan Quality Function Deployment

., Ferryawan (1998) Perbaikan Kualitas Layanan di Hotel Kubu Bali dengan Pendekatan Quality Function Deployment. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232728

Abstract

Industri pariwisata merupakan industri yang memiliki prospek menjanjikan saat ini, terbukti saat kita sedang menghadapi krisis sektor pariwisata merupakan sektor yang dapat memberikan pemasukan devisa yang sangat besar buat negara. Karena kuatnya daya tarik investasi di sektor ini menyebabkan persaingan di bidang pariwisata menjadi sangat ketat. Persaingan yang ketat khususnya dalam bidang jasa akomodasi memerlukan suatu strategi-strategi terencana agar bisa menang didalam persaingan. Pemberian pelayanan yang berkualitas merupakan salah satu contoh strategi tersebut. Kubu Bali merupakan salah satu hotel yang menerapkan strategi tersebut dalam bersaing dalam jasa akomodasi. Salah satu usaha untuk menerapkan pelayanan yang berkualitas adalah dengan mengurangi pelayanan yang memiliki kinerja buruk. Kinerja buruk tersebut antara lain karena proses pelayanan yang salah, pemberian pelayanan yang tidak sesuai dengan keinginan dan lain-lain. Pemberian layanan yang sesuai degan keinginan konsumen merupakan kata kunci yang harus dipegang untuk meningkatkan kualitas. Metode yang tepat digunakan untuk perbaikan kualitas adalah dengan QFD (Quality Function Deployment) karena QFD menerapkan prinsip-prinsip perbaikan dan pengembangan yang sesuai dengan keinginan konsumen. Dalam perbaikan kualitas layanan di hotel Kubu Bali ini terlebih dahulu harus diketahui apakah keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu harus juga diketahui kinerja-kinerja pelayanan yang jelek. Survey konsumen dilakukan untuk mendapatkan informasi-informasi diatas. Perbaikan kualitas dan peningkatan kualitas dikembangkan dari matrik HOQ yang dirancang. Dengan menggunakann metode QFD (Quality Function Deployment) ini, dihasilkan target spesifikasi yang dapat memperbaiki kualitas pelayanan yang jelek tersebut, sehingga dapat mencapai tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Sasmito 200051
Date Deposited: 17 Dec 2013 03:31
Last Modified: 27 Jun 2014 01:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4195

Actions (login required)

View Item View Item