Laporan Penelitian Lanjut Situasi Perkembangan Pengungsi Timor Leste Dl Ntt Pasca Jajak Pendapat Dalam Rangka Menciptakan Hubungan Internasional Yang Harmonis (Tinjauan Dari Aspek Hukum Internasional, Sosial, Dan Politik)

Krustiyati, J.M. Atik and lnnurtrisniyati, Anastasia (2009) Laporan Penelitian Lanjut Situasi Perkembangan Pengungsi Timor Leste Dl Ntt Pasca Jajak Pendapat Dalam Rangka Menciptakan Hubungan Internasional Yang Harmonis (Tinjauan Dari Aspek Hukum Internasional, Sosial, Dan Politik). Project Report. Universitas Surabaya, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Atik Krustiyati_Laporan Penelitian Lanjut.pdf] PDF
Atik Krustiyati_Laporan Penelitian Lanjut.pdf

Download (24MB)

Abstract

Konflik yang terjadi antara pengungsi Timor Leste dengan penduduk asli atau penduduk lokal di lokasi pengungsian di daerah Noelbaki dilihat dari penyebabnya dapat disebut sebagai konflik struktural. Pengatasan persoalan ini memerlukan kerjasama dengan berbagai pihak dan menyangkut berbagai hal, tidak hanya persoalan substansi hukum tetapi juga menyangkut masalah struktur dan kultur hukum. Situasi di Indonesia berkaitan dengan pengungsi sangat dilematis. Hal ini disebabkan bahwa Indonesia belum menjadi pihak pada konvensi tentang pengungsi, dan belum ada aturan yang bersifat durable solution serta komprehensif yang mengatur persoalan pengungsi. Sehubungan dengan hal tersebut maka diperlukan langkah-langkah konkrit misalnya segera meratifikasi konvensi lnternasional tentang pengungsi sebagai konsekuensi logis dari negara yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia. Selain itu dalam penanganan persoalan pengungsi harus juga memperhatikan "The individual Rights model", tidak semata " Security Model" yang selama ini terjadi. Pendekatan individual juga mengacu pada ·'Human Security" mengingat pengungsi adalah subyek yang harus mendapat perlindungan sebagaimana manusia yang lain.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pengungsi, ratifikasi, durable solution
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:53
Last Modified: 21 Jun 2022 04:53
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/41990

Actions (login required)

View Item View Item