Intervensi Tinjauan Hidup Untuk Menurunkan Simtom Depresi Lansia Penyandang Osteoarthritis di Lutut Yang Mempunyai Peran Sebagai Caregiver

Rarasati, Sabina and Sugoto, Srisiuni (2021) Intervensi Tinjauan Hidup Untuk Menurunkan Simtom Depresi Lansia Penyandang Osteoarthritis di Lutut Yang Mempunyai Peran Sebagai Caregiver. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6 (1). pp. 78-86. ISSN 2541-206X (online), 2548-4311 (print)

[thumbnail of Sabina Wulung Rarasati_Intervensi Tinjauan Hidup.pdf] PDF
Sabina Wulung Rarasati_Intervensi Tinjauan Hidup.pdf

Download (104kB)
Official URL / DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.66i1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek intervensi tinjauan hidup untuk mengurangi simptom depresi pada penyandang osteoarthritis di lutut yang juga mempunyai peran sebagai caregiver. Penelitian ini menggunakan desain mixed method dengan wawancara, observasi, dan kuesioner. Partisipan adalah seorang perempuan lanjut usia yang mempunyai simtom depresi pada kategori ringan, beban sebagai caregiver pada tahapan ringan sampai sedang, dan afek negatif yang lebih dominan. Intervensi tinjauan hidup dilakukan dengan cara meninjau seluruh peristiwa di setiap tahapan perkembangan dan melihat kembali dari sudut pandang yang berbeda. Hasil intervensi menunjukkan bahwa partisipan mengalami penurunan simptom depresi, penurunan beban sebagai caregiver, dan perubahan afek menjadi dominan positif. This study aims is to determine effect of life review intervention to reduce depression symptoms in people with osteoarthritis in knee who also have caregiver role. The method used in this study is mixed method with interview, observation, and questionnaire. This study is conducted on an elderly woman who has depression symptoms in the mild category, burden as a caregiver in mild to moderate stages, and showed more dominant negative affect. Life review intervention is carried out by reviewing every life events from life and taking different perspective from it. The results from intervention showed that the participant experienced decrease in depression symptoms, caregiver burden, and change to positive affect.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Simptom Depresi, Beban Caregiver, Osteoarthritis, Intervensi Tinjauan Hidup
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sabina Wulung Rarasati
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:21
Last Modified: 11 Jul 2022 08:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42089

Actions (login required)

View Item View Item