Tanggung Gugat Notaris oleh Ahli Waris atas Dibuatnya Akta Wasiat atas Nama Yayasan yang tidak Diketahui Alamat Penerima Wasiat

Lorina, Lorina (2022) Tanggung Gugat Notaris oleh Ahli Waris atas Dibuatnya Akta Wasiat atas Nama Yayasan yang tidak Diketahui Alamat Penerima Wasiat. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MKN_649_Abstrak.pdf] PDF
MKN_649_Abstrak.pdf

Download (184kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/265127

Abstract

Penelitian membahas mengenai Tanggung Gugat Notaris Oleh Ahli Waris Atas Dibuatnya Akta Wasiat Atas Nama Yayasan Yang Tidak Diketahui Alamat Penerima Wasiat, dengan pertimbangan seorang notaris membuat akta wasiat atas nama Yayasan sebagai penerima wasiat, padahal dalam akta yang tidak diketahui alamat penerima wasiat. Penelitian dengan membahas permasalahan apa identitas penerima wasiat harus ditulis dengan jelas dalam suatu akta wasiat dan Kerugian apakah yang dialami oleh waris tunggal tersebut dengan adanya wasiat kedua orang tuanya. Metode yang digunakan pendekatan peraturan perundang-undangan dan pendekatan konsep. Hal penelitian disimpulkan sebagai berikut: Identitas penerima wasiat harus ditulis dengan jelas dalam suatu akta wasiat, karena identitas penerima wasiat berfungsi untuk menunjuk subyek hukum tertentu jika identitas tidak ditulis dengan jelas dapat berakibat akta wasiat tidak dapat dilaksanakan rawan menimbulkan konflik apabila identitas penerima wasiat tidak jelas, kemungkinan resiko ada pihak-pihak yang mengaku sebagai penerima wasiat. Kerugian yang dialami oleh waris tunggal tersebut dengan adanya wasiat kedua orang tuanya adalah waris tunggal tersebut tidak dapat menjadi penerima harta waris seluruhnya, dan ia hanya menerima bagian mutlak (legitime portie) yang ditentukan undang-undang, yaitu 1/2 bagian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Gugat Notaris, Akta Wasiat Atas, Nama Yayasan Yang Tidak Diketahui Alamat Penerima Wasiat.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Notary
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:39
Last Modified: 13 Jul 2022 02:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/42102

Actions (login required)

View Item View Item